Cara Membangun Pendidikan yang Berkarakter di Dalam Keluarga

Membangun Pendidikan dalam Rumah Tangga Zaman SekarangPendidikan yang berkarakter merupakan dan menjadi bagian penting dalam pendidikan di Indonesia.

Pendidikan karakter tidak hanya ada di sekolah dan masyarakat, tetapi di dalam lingkungan keluarga pun sangat penting karena di dalam keluarga lah yang paling banyak membentuk karakter seseorang yang akan dibawanya ke lingkungan sekolah maupun masyarakat.

Pendidikan yang berkarakter ini sudah lama dicetuskan oleh pemerintah. Ada pertanyaan bahwa kenapa pemerintah merasa bahwa pendidikan yang berbasis karakter harus diterapkan di Indonesia.

Jawabannya adalah zaman sekarang jika kita lihat di media massa baik media cetak maupun elektronik banyak menampilkan fenomena kejadian yang tidak kita inginkan seperti tawuran pelajar, korupsi, penjarahan, pelecehan seksual, dan lain sebagainya yang menunjukkan bahwa memang pemerintah harus diterapkan.

Lalu bagaimana cara membangun pendidikan yang berkarakter di dalam lingkungan keluarga? Mari kita sama-sma simak tulisan ini. Semoga bisa membantu kita dalam hal mendidik penerus generasi agar menjadi manusia yang berkarakter


Berikut ini cara kita sebagai orang tua yang ingin mendidik anaknya berbasis karakter. Mari sama-sama kita simak. Menurut Kemendikbud ada 5 (lima) nilai utama prioritas penguatan pendidikan karakter (PPK). Yaitu

1. Religius
Mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Penguatan pendidikan karakter yang pertama yang paling utama ditanamkan kepada anak. 

Dengan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa kelak anak akan mempunyai kerohanian yang mendalam, beriman dan bertakwa.

2. Nasionalis
Menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri sendiri dan kelompoknya. Anak diajarkan untuk mencintai bangsa dan negara dimulai yang sederhana yaitu dengan mengenalkan tokoh-tokoh pahlawan bangsa. 

3. Gotong Royong
Mencerminkan tindakan menghargai semangat kerja sama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama. 

Anak diajarkan dengan cara mau membantu membersihkan tempat tidurnya, mau membantu hal-hal kecil yang ada di rumah lainnya.

4. Integritas
Upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. 

mengajarkan pada bagian ini harus ekstra tenaga dan semangat karena kita sebagai orang tua juga harus ikut terlibat untuk memberikan contoh kepada anak. 

Misalnya anak diajarkan untuk berkata jujur. Untuk penerapannya kepada anak kita sebagai orang tua juga harus berkata jujur apalagi saat ada kontak dengan anak.

5. Mandiri
Tidak bergantung pada orang lain dan mempergunakan tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi dan cita-cita. 

Cara mengajarkannya adalah jika anak meminta tolong kepada kita akan hal kecil misalnya minta ambilkan air, gelas, piring atau yang lainnya maka jangan langsung untuk memberikan bantuan kepadanya tapi ajaklah anak untuk mau bergerak mengambil sendiri apa yang ia inginkan.

Demikian yang bisa kami bagikan yaitu cara membangun pendidikan yang berkarakter di dalam kelauarga. 

semoga bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa untuk share kepada teman dan sahabat agar mereka bisa mendapat informasi ini. Terima kasih.

LihatTutupKomentar