Cara Sederhana Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak

Ketika kita berpikir bahwa anak kita pandai dalam mengoperasikan gadget kita merasa bangga dan senang. Nah dari sekarang jauhkanlah pikiran-pikiran itu agar terhindar dari dampak negatif gadget. 

Zaman sekarang kita sangat dimudahkan dengan  adanya gadget. Dengan gadget kita bisa apa saja dengan hanya menggerakkan jari kita di layar gadget. Ya memang begitulah zaman sekarang tidak bisa dipisahkan dengan namanya gadget.

Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi canggih sekarang juga harus dibarengi dengan kesadaran bahwa kita harus bijak dalam menggunakannya, terlebih yang berkaitan dengan anak.

Berikut ini kita akan membahas tentang ciri-ciri, dampak dan cara mencegah dari kecanduan gadget.

Cara Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak

Cara Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak

Istilah Kecanduan

Istilah kecanduan gadget bisa dikatakan kepada orang yang suka menghabiskan waktu yang lama dengan handphone, tablet, komputer. Biasanya yang waktu yang dihabiskannya bersosial media dan bermain game.

Seseorang anak yang sudah kecanduan dengan gadget, dia akan merasa ketakutan dan gelisah jika jauh dari gadgetnya. Nah ini salah satu ciri dari kecanduan gadget.

Jika tidak dicegah dan diberikan edukasi yang baik maka akibatnya kecanduan gadget terhadap anak tidak bisa dihindari dan perlu waktu untuk mengobatinya.

Dampak yang kurang baik pada jangka pendek juga jika anak-anak sekarang lebih suka bermain dengan gadgetnya daripada keluar bersama teman-teman atau saudaranya. 

Jika hal tersebut masih berlanjut maka tidak baik untuk perkembangan anak baik perkembangan psikisnya maupun motoriknya. Anak akan kurang bersosialisasi dengan teman dan keluarganya serta kurangnya gerakan dalam kesehariannya yang mengakibatkan mudah terserang sakti.

Lalu bagaimana cara atau solusi agar menghindarkan anak dari kecanduan gadget. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan kepada anak agar anak terhindar dari kecanduan gadget.

  1. Biasakan membatasi waktu penggunaan gadget pada anak, misalnya hanya dibatasi bisa menggunakan gadget pada sore hari saja.
  2. Biasakan untuk tidak menggunakan gadget dihadapan anak kecuali memang tidak bisa dan darurat misalnya perlu cepat mengangkat panggilan telepon.
  3. Berikan waktu bermain kepada anak agar menjauhkan pikirannya untuk meminta diberikan gadget. 
  4. Ganti waktu penggunaan gadget dengan kegiatan yang lain, misalnya jalan-jalan, membacakan buku, bersepeda dan lain sebagainya agar anak banyak bergerak.
  5. Tentukan waktu dan tempat yang diperbolehkan untuk menggunakan gadget agar misalnya tempat yang tidak boleh menggunakan gadget di ruang makan, ruang tamu dan ruang keluarga.
  6. Hindari bincang-bincang tentang gadget dihadapan anak agar menghindarkan berpikir tentang gadget.

Demikian tips singkat tentang menghindari kecanduan gadget pada anak. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. Terima kasih.

Baca Juga
LihatTutupKomentar