Lakukan Cara Ini Agar Anak Cepat Membaca Tanpa Mengeja

Lakukan Cara Ini Agar Anak Cepat Membaca Tanpa mengeja
Lakukan Cara Ini Agar Anak Cepat Membaca Tanpa Mengeja

Orangtua merupakan sekolah dan guru pertama bagi anaknya. Dan orangtua selalu ingin menjadikan anak tumbuh sehat, cerdas dan pintar. Oleh karena itu kita sebagai orangtua pastinya akan bersusah payah agar tujuannya tercapai.

Dalam perjalanan mengasuh dan mendidik anak, ada satu tahapan yang harus dilalui oleh anak yaitu belajar membaca. Ya, membaca merupakan salah satu kompetensi atau keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh anak.

Pada fase ini kadang-kadang kita heran, kenapa anak kita sukar sekali untuk belajar membaca jika dibandingkan dengan teman-teman sebayannya.

Lakukan Cara Ini Agar Anak Cepat Membaca Tanpa Mengeja


Dari rasa heran tersebut bisa jadi kita mengajarkan anak kita tidak sesuai dengan metode atau bagaimana cara mengajarkan anak supaya cepat membaca.

Dulu kita diajarkan membaca dengan mengenal huruf dan mengeja. Dan ternyata cara itu keliru dan membutuhkan waktu lama untuk anak agar pandai, lancar dan mahir membaca.

Berikut ini kami rangkumkan materi untuk ayah dan bunda yang saat ini mengajarkan anaknya membaca. Mari perhatikan baik-baik!

Mengenal Huruf

Tahap pertama ini adalah pengenalan terhadap huruf mulai dari huruf A sampai dengan Z. Tahap pertama ini haruslah berhasil dilaksanakan oleh ayah dan bunda. Karena secara logika saja bagaimana orang bisa membaca hurufnya saja tidak dikenal.

Tahap ini kita perlu trik dan perhatian yang khusus agar anak merasa senang dalam belajar mengenal huruf. Jika perlu buatlah kegiatan bermain tapi sambil belajar. Dengan cara seperti itu anak tidak merasa bahwa dia senang belajar.

Buatlah kegiatan mengenal huruf ini dengan kegiatan yang menyenangkan agar anak tidak cepat bosan dalam belajar mengenal huruf.

Kita bisa mengenalkan anak dengan:
  1. Mengenal huruf sambil mewarnai.
  2. Mengenal huruf sambil bernyanyi.
  3. Mengenal huruf dengan bermain peran seperti anak jadi guru dan kita sebagai orangtua menjadi muridnya.
  4. Menempelkan huruf-huruf di tempat yang mudah terlihat misalnya di ruang belajar, ruang bermain, tempat tidur dan lain-lain.
  5. Menempelkan huruf pada benda yang sering digunakan misalnya mainan, alat makan, alat tulis dan lain sebagainya.

Dalam tahapan ini perbanyaklah dengan menggunakan visual agar anak kita sering melihat dan tidak secara langsung dia mengenal dan ingat huruf yang dilihatnya.

Dan jangan lupa agar mengevaluasi atau mengetahui anak kita apakah sudah kenal atau belum huruf yang diajarkan dengan menanyakannya sambil menunjuk huruf yang ingin ditanyakan. 

Jika anak sudah mampu untuk menyebutkan huruf yang kita tanyakan maka berilah pujian agar dia semakin termotivasi.

Ajarkan Anak Berlatih dengan Suku Kata

Lakukan Cara Ini Agar Anak Cepat Membaca Tanpa Mengeja
Tahap kedua ini merupakan tahap awal untuk merangkai kata. Trik atau metode ini sudah banyak digunakan oleh guru-guru yang sedang memberikan les privat kepada anak-anak yang sedang belajar membaca.

Caranya adalah dengan mengajak anak untuk mengenal dua huruf yang berdampingan. Huruf pertama harus huruf konsunan dan huruf kedua merupakan huruf vokal.

Cara melakukannya adalah kita siapkan dulu kartu huruf bisa membeli atau kita buat sendiri. satu kartu berisi dua huruf berdampingan konsonan dan vokal atau dari segi bahasa disebut dengan suku kata.

Jika anak sudah siap untuk belajar maka perlihatkan kartu tersebut sambil kita mengucapkan suku kata tersebut. Misalnya 

BA – BI – BU - BO – BE
DA – DI – DU – DO – DE
CA – CI – CU- CO – CE

Latihlah anak kita kita dengan pola seperti di atas. Tapi perlu diperhatikan bahwa jangan sampai anak kita bosan akhirnya dia tidak mau belajar membaca.

Dan tidak perlu dalam sehari anak harus banyak belajar merangkai huruf menjadi suku kata. Cukup semampunya saja dulu yang terpenting anak mau merangkai atau menyusun huruf menjadi suku kata.

Jika anak sudah tidak merasa kesulitan dalam merangkai dan melapalkan suku kata yang diberikan maka ayah bunda bisa mengganti dengan huruf yang lain.

Dan jika sudah bisa membaca dengan satu suku kata, maka bisa ayah bunda dengan menambah dua suku kata yang bermakna. Misalnya MA – MA, PA – PA, DA – DA, DE – DE, dan lain-lain 

Mengajak Anak Membaca Suku Kata Bervariasi

Lakukan Cara Ini Agar Anak Cepat Membaca Tanpa Mengeja
Tahap ketiga ini kita bisa menambahkan pada kartu yang kita buat sebelumnya dengan menambahkan variasi suku kata tapi masih dengan kata yang ada artinya dan katanya tidak panjang. Pada tahap awal cukup diajarkan dua suku kata.
Misalnya SA - YA, BU - DI, TA -YO, BA - JU, LA - GU, 

Jika anak sudah mahir dalam merangkai dan membaca dua suku kata tersebut tanpa terbata-bata. Silakan untuk ditambah menjadi tiga suku kata tapi harus kata yang diberikan mempunyai arti.

Fungsinya agar kata yang diberikan tersebut mempunyai arti adalah agar anak lebih cepat ingat dan merasa senang bahwa anak merasa pandai dalam membaca.

Mengajari Anak dengan membaca kata yang sangat sederhana
Tahap ini kita memberikan anak satu kata yang hurufnya adalah vokal-konsonan-vokal yang mempunyai arti misalnya APA, ADA, AJA, AKA, ASA, dan lain-lain. 

Jika anak dirasa sudah pandai dan bisa membaca kata tersebut silakan untuk membuat kata yang lain agar anak bertambah mahir dalam membaca.

Ajari Anak Membaca Huruf Mati

Lakukan Cara Ini Agar Anak Cepat Membaca Tanpa Mengeja
Untuk tahap selanjut adalah mengajari anak kita dengan membaca huruf mati atau kata yang huruf akhirnya merupakan huruf konsonan. Perkenalkan dulu huruf konsonan yang sering muncul dan bagaimana cara pengucapannya misalnya huruf K, T, S, R, NG dan NY.

Jika anak sudah mahir dalam mengenal huruf mati dan pengucapannya maka silakan untuk divariasikan dengan huruf lain agar anak bertambah lancar dan mahri membaca.

Melatih Anak untuk Membaca Kata Utuh

Lakukan Cara Ini Agar Anak Cepat Membaca Tanpa Mengeja
Tahap akhir ini adalah melatih dan mengajarkan anak untuk membaca kata-kata secara utuh. Dan jika dirasa sudah pandai dan mahir bisa dilakukan dengan memberikan anak untuk membaca satu kalimat sederhana misalnya “saya makan nasi, saya tidur, ibu memasak”.

Dan kegiatan dari tahap pertama sampai akhir ini jangan dilakukan dengan memaksa lakukanlah dengan kegiatan yang menyenangkan agar anak kita tidak mudah bosan dan menolak untuk belajar membaca.

Kita bisa mengajarkan anak kita dengan meminta anak membaca huruf yang ada di dinding, di layar tv, dan lain-lain.

Kemudian tips tambahan untuk ayah dan bunda agar anak kita cepat mahir dalam membaca adalah
  1. Gunakan media belajar, ingin sangat penting karena media adalah sebagai perantara untuk mempercepat anak dalam proses belajar.
  2. Ajari anak sambil bermain bersama, sudah disinggung di atas bahwa lakukanlah dengan menyenangkan dan jauhkan dari rasa memaksa anak untuk belajar. Lakukan dengan cara bermain sambil belajar
  3. Batasi waktunya. Percayalah bahwa psikis anak-anak sangat cepat berubah oleh karena itu batasi waktunya untuk belajar agar mereka tidak bosan dan akhir menolak untuk belajar lagi. 
  4. Sesuaikan dengan mood anak. Ketika ingin mengajari anak lihatlah moodnya jika moodnya tidak bagus maka tunggulah agar anak siap untuk belajar.
  5. Berikan penghargaan atas kerja keras anak dalam belajar.

Demikian semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin

LihatTutupKomentar