Ayo Kenali Karakter Anak Karena Setiap Mereka Berbeda

Ayo Kenali Karakter Anak Karena Setiap Mereka Berbeda
Ayo Kenali Karakter Anak Karena Setiap Mereka Berbeda 

Terkadang, bahkan sering, kita selalu ingin menyamakan anak kita dengan anak yang lain manakala kita mungkin melihat anak orang lain terkesan lebih aktif, lebih percaya diri sementara kita melihat anak kita yang pendiam dan pemalu.


Padahal, kita mesti menyadari bahwa "every baby is different", bahwa setiap bayi itu berbeda.


Mereka memiliki karakter masing-masing..apa bedanya dengan kita yang dewasa dengan karakter yang beragam..


Untuk anak yang pemalu, apa salahnya? Bukankah Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda "Malu itu semuanya baik".


Dan untuk anak yang pendiam, bukankah Rasulullah juga bersabda, "Berkata yang baik atau diam".


Jangan meyalahkan mereka dengan karakternya, tapi arahkan karakter mereka ke arah yang baik.


Kita bisa mengambil contoh Abu Bakar dan Umar radhiyallaahu 'anhum, dua sahabat dengan karakter yang berbeda..dan Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam tidak pernah menyuruh untuk merubah karakter mereka. bahkan masing-masing memiliki keutamaan. 


Sikap keras Umar bahkan digambarkan bahwa jika syaitan bertemu dengan Umar maka syaitan akan memilih jalan yang lain, sementara Abu Bakar yang dengan sikap lembutnya berhasil meredam Umar sewaktu Umar belum bisa menerima akan wafatnya Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam.


Selama kita melihat bahwa anak tersebut aktif di rumah, karena anak terkadang terlihat lebih bisa mengeksplor dirinya di hadapan orang tuanya sendiri dibandingkan di hadapan orang lain, insya Allah tidak mengapa..kecuali ada hal-hal yang menurut kita "tidak wajar" dari sisi perkembangannya misalnya, boleh dikonsultasikan pada yang lebih ahli..


Maka dari itu, kenalilah karakter anak anda.

Reactions

Post a Comment

0 Comments