Download Kalender Pendidikan 2020/2021 Madrasah Prov Kalimantan Selatan

Download Kalender Pendidikan 2020/2021 untuk Madrasah Prov Kalimantan Selatan
Download Kalender Pendidikan 2020/2021 untuk Madrasah Prov Kalimantan Selatan

Kalender Pendidikan Tahun pelajaran 2020-2021 sebentar lagi akan dimulai yaitu pada tanggal 13 Juli 2020. Berbagai macam persiapan selalu dilakukan menjelang tahun pelajaran tersebut dimulai. Tidak hanya para peserta didik saja yang akan mempersiapkan diri belajar baik belajar jarak jauh maupun yang sudah bisa dilaksanakan tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Dan pihak sekolah atau madrasah juga akan bersiap-siap menyongsong tahun pelajaran baru 2020-2021 dengan berbagai macam persiapan. Misalnya dari para pendidik. Pada setiap awal tahun pelajaran akan disibukan dengan menyiapkan program-program pembelajaran.

Program pembelajaran yang harus pertama kali disiapkan adalah setiap para pendidik harus memiliki kalender pendidikan. Kalender pendidikan adalah pengaturan hari, minggu dan bulan dalam program pembelajaran di sekolah atau madrasah.

Fungsi dari kelender pendidikan adalah untuk mengatur program pembelajaran yang ada di setiap sekolah (madrasah). Dan  Mengatur program pembelajaran pada masing-masing pendidik (guru) agar program yang dibuat terealisasi dengan baik.

Kalender pendidikan tidak dibuat oleh masing-masing sekolah atau pun masing-masing guru. Kalender pendidikan dibuat dan disusun pemerintah yang kemudian didistribusikan ke setiap sekolah dan tenaga pendidik.

Kalender pendidikan merupakan panduan awal dalam menyusun program pembelajaran yang harus diikuti oleh setiap sekolah atau madrasah. Karena di dalam kalender pendidikan memuat rambu-rambu penyusunan hari dan waktu program pembelajaran.

Di dalam kalender pendidikan memuat surat keputusan yang isinya adalah
  1. Bab I tentang ketentuan umum
  2. Bab II tentang hari-hari pertama masuk madrasah
  3. Bab III tentang hari belajar madrasah
  4. Bab IV tentang kegiatan tengah semester
  5. Bab V tentang pembagian buku laporan pribadi dan buku laporan hasil belajar
  6. Bab VI tentang hari libur madrasah
  7. Bab VII tentang penilaian hasil belajar
  8. Bab VIII tentang Ujian Nasional
  9. Bab IX tentang Ujian Akhir madrasah berstandar nasional (UAMBN) dan ujian madrasah (UM)
  10. Bab X tentang Sanksi
  11. Lampiran 1 (kalender pendidikan madrasah)
  12. Lampiran 2 (agenda kegiatan pendidikan dan hari libur umum dalam kelender pendidikan.

Berikut ini kami ingin berbagi kepada Anda khususnya untuk para pendidik yang mengajar di Madrasah kalender pendidikan yang sudah dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam dan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan di bawah ini.
Demikian semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu para tenaga pendidik dalam menyiapkan program kerja, program pembelajaran dan administrasi pembelajaran agar pada saat memasuki tahun pelajaran baru kita sebagai tenaga pendidik sudah siap dengan apa yang dibutuhkan dalam mendidik, membimbing dan mengajar peserta didik.
LihatTutupKomentar