Menyusun Bagian Pokok Teks Eksplanasi

Menyusun Bagian Pokok Teks Eksplanasi
Menyusun Bagian Pokok Teks Eksplanasi

Di pembahasan sebelumnya, kita sudah belajar tentang pengertian, tujuan, ciri, dan struktur Teks eksplanasi. Pada kali ini kami ingin berbagi lagi materi tentang menyusun bagian pokok teks eksplanasi. Silakan untuk diperhatikan dan dipelajari secara saksama.

Ada tiga bagian pokok dalam menyusun teks eksplanasi jika dimisalkan ada tiga paragraf maka masing-masing paragraf mewakili pernyataan umum, deretan pejelas dan interpretasi. berikut penjelasannya:

1. Pernyataan umum

Bagian pertama pada menyusun bagian pokok teks eksplanasi ini adalah menyusun pernyataan umum. Pernyataan umum adalah penjelasan yang biasanya disampaikan di awal sebuah teks eksplanasi.

Di dalam pernyataan umum berisi penjelasan tentang kegiatan, peristiwa atau kejadian yang ingin dijelaskan. Ada juga berisikan pertanyaan untuk membuka sebuah pernyataan umum.

Jadi pernyataan umum bagian awal yang berfungsi untuk memberikan penjelasan awal sebuah peristiwa atau kejadian. Dan pernyataan umum ini berada di paragraf pertama di dalam sebuah teks.

2. Deretan Penjelas

Bagian yang kedua ini adalah bagian penjelas. Yang dijelaskan adalah deretan peristiwa atau kejadian-kejadian secara urut.

Deretan penjelas merupakan penjelasan dari sebuah pernyataan umum atau ide pokok (kalimat utama). Pada bagian ini disajikan penjelasan tentang proses terjadinya sebuah kejadian, misalnya penjelasan tentang terjadinya banjir.

Karena bagian ini adalah bagian penjelas, maka bagian ini akan menjelaskan secara rinci segala proses sebuah penomena peristiwa dan deretan penjelas ini merupakan bagian yang memiliki lebih dari satu paragraf.

3. Interpretasi

Bagian ketiga dari teks eksplanasi ini adalah interpretasi. Menurut KBBI interpretasi adalah pemberian kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu; tafsiran.

Di bagian ini akan didapati kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Interpretasi pada teks eksplanasi tidak harus ada. Tetapi biasanya untuk menutup sebuah teks maka diperlukan paragraf penutup.

Jadi dalam teks eksplanasi ada tiga bagian pokok yang berfungsi membangun sebuah teks agar teks tersebut menjadi sebuah teks eksplanasi yang lengkap.

Nah, Itulah materi tentang menyusun bagian pokok teks eksplanasi. Semoga dapat menambah informasi dan wawasan kita. Amin.

Baca Juga

Reactions

Post a Comment

0 Comments