Apa Saja kekurangan dan Kelebihan Menyewa Rumah

Apa Saja kekurangan dan Kelebihan Menyewa Rumah
Apa Saja kekurangan dan Kelebihan Menyewa Rumah

Apa saja ya kekurangan dan kelebihan jika kita menyewa sebuah rumah hunian? mungkin pertanyaan ini ada terlintas dibenak Anda yang berencana menyewa rumah untuk menjadi tempat tinggal sementara sebelum memiliki rumah sendiri.

Bagi pasangan yang baru saja menikah tentu saja akan memikirkan bagaimana caranya agar dapat memiliki rumah atau tempat tinggal. Tentu saja ada dua pilihan alternatif yang tersedia jika dana yang dimiliki terbatas yaitu menyewa rumah atau membeli rumah dengan sistem kredit.

Nah bagi Anda yang menentukan pilihan menyewa rumah untuk sementara sambil mengumpulkan dana, tidak salahnya untuk membaca artikel ini untuk mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan jika kita menyewa rumah. berikut adalah kekurangan dan kelebihannya.

Kekurangan menyewa rumah

Sewa selalu naik

Biasanya harga sewa sebuah rumah tiap tahun selalu cenderung naik dan jarang sekali ada rumah sewa yang harganya turun. Apalagi jika rumah sewa tersebut letaknya sangat strategis bukan tidak mungkin kenaikan harga itu pasti selalu ada.

Untuk menyiasati agar kenaikan sewa rumah tidak terlalu tinggi atau tidak berubah, Anda bisa menyewa dengan waktu yang lama. Misalnya Anda membayar sewa rumah untuk dua tahun lamanya. Dengan begitu harga rumah yang disewa selama dua tahun akan tetap hargnya.

Akan tetapi Anda juga harus menyiapkan dengan dana yang besar untuk membayar sewa rumah selama dua tahun. 

Bukan hak milik

Namanya juga sewa yang berarti kita hanya memiliki hak memakai dan menempati rumah tersebut dengan batas waktu tertentu. Berbeda dengan rumah milik kita sendiri yang merupakan aset berharga kita dan kita bebas untuk memakai dan menggunakannya.

Jika kita menyewa rumah maka prabot rumah sudah disiapkan dan tata letaknya juga sudah diatur oleh pemiliknya. Nah dengan keadaan seperti ini maka kita tidak bisa leluasa untuk mengubah tata letaknya kecuali dengan adanya izin atau kesepakatan dari si pemilik rumah.

Repot saat pindah-pindah

Ini merupakan keadaan yang sering dirasakan oleh orang yang menyewa rumah. Jika kita menyewa rumah maka harus siap sedia untuk sering berpindah-pindah tempat, dari satu rumah sewa ke rumah sewa yang lain.

Bukan hanya repot yang dirasakan akan tetapi waktu dan tenaga yang banyak terkuras bahkan dana kita pun juga terkuras karena kita harus menyewa alat tansportasi untuk dapat memindahkan barang-barang kita ke rumah sewa yang baru.

Status kependudukan kurang jelas

Nah ini juga merupakan problem yang sering ditemui oleh orang yang menyewa tempat tinggal. Jika baru saja pindah rumah kita harus lapor ke aparat karena kita sebagai seorang pendatang.

Kemudian jika kita diakui oleh masyarakat sekitar sebagai penduduk tetap maka kita harus mengurus berkas kependudukan kita sesuai dengan tempat sekarang.

Kelebihan menyewa rumah

Bebas perawatan rumah

Dengan menyewa rumah kita tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan untuk kerusakan rumah tersebut seperti atap bocor, cat yang sudah kusam, saluran air yang tersumbat. Kita hanya lapor kepada pemilik rumah agar nantinya diperbaiki dan biasanya pemilik rumah akan langsung menghubungi tukang rumah agar secepatnya untuk diperbaiki.

Jadi dengan menyewa rumah segala biaya perbaikan dan perawatan rumah tidak ditanggung oleh kita. Akan tetapi jika terdapat kerusakan yang diakibatkan oleh kita, maka seyogyanya kita sendiri yang bertanggung jawab untuk memperbaikinya.

Bebas dari PPB

Pajak bumi dan bangunan atau yang sering kita singkat menjadi PBB merupakan kewajiban yang harus dibayarkan oleh pemilik rumah. Biaya yang dikeluarkan untuk PPB ini tergantung dari letak dan luas atau kecilnya bangunan dan tanah yang dimiliki.

Bagi Anda yang menyewa rumah maka pajak ini tidak akan dikenakan kepada Anda karena bukan dari tanggungan Anda, akan tetapi ditanggung oleh pemilik rumah sewa.

Praktis

Bagi Anda yang hidup di perkotaan yang lokasi pekerjaannya berpindah-pindah. Maka menyewa rumah merupakan salah satu alternatif untuk menyiasati agar lebih praktis. Kita dengan mudah mendapatkan rumah yang siap untuk dihuni dan sesuai kebutuhan kita.

Jika pekerjaan kita sudah selesai maka kita pun tidak perlu waktu lama untuk menyiapkan diri dan barang-barang yang akan dibawa menuju ke tempat atau rumah sewa yang baru.

Leluasa untuk pindah

Dan yang terakhir adalah kita lebih leluasa untuk pindah kapan saja dan kapan kita mau. Kita tidak terikat dengan rumah dan tempat tersebut karena kita tidak memiliki hak milik terhadap rumah tersebut.

Hanya saja kita akan lebih banyak mengeluarkan dana atau boros jika pindah sebelum waktu sewanya habis. Dan tentunya kita perlu mencari lagi rumah sewa yang sesuai dengan keinginan kita.

demikian semoga bermanfaat untuk kita semua dan semoga kita memiliki hunian atau rumah milik kita sendiri. Amin

Terima Kasih.

LihatTutupKomentar