Mengenal Proses Pembuatan Teh dan Jenisnya

Mengenal Proses Pembuatan Teh dan Jenisnya
Mengenal Proses Pembuatan Teh dan Jenisnya

Mengenal Proses Pembuatan Teh dan Jenisnya. Karena beberapa alasan, orang Amerika tidak terlalu suka teh seperti orang-orang di beberapa negara lain, khususnya di Asia. 


Di Amerika Serikat, mereka hanya menggunakan sekitar setengah kilogram teh per-tahun untuk konsumsi per-orang! Tapi di Inggris, diperlukan empat setengah kilogram teh untuk memenuhi kebutuhan mereka! Orang Cina, tentu saja, adalah peminum teh terbesar dan paling awal di dunia. Mereka telah menikmati teh sejak 4.000 tahun yang lalu! Baru 300 tahun yang lalu orang Eropa mencicipi teh.


Perdu teh, atau pohonnya, sebenarnya tidak tumbuh liar di Cina, jadi konon orang Cina sendiri mengimpor bibit teh pertama dari India. Ketika orang Inggris datang ke India dan menemukan teh, mereka mulai membuat perkebunan besar di sana dan di Srilanka. Tidak lama kemudian, lebih banyak teh yang diekspor dari Srilanka daripada dari Cina.


Proses Pembuatan Teh

Ada dua varietes teh yang utama. Varietes yang ditanam orang Cina tingginya hanya 90 cm sampai 1,2 meter, sementara teh India dapat mencapai ketinggian 6 meter. Daun teh, kalau tidak dipetik, dapat menjadi sebesar tangan manusia. Tapi karena daun yang kecil, dan muda membuat teh yang mutunya lebih tinggi, tanaman teh biasanya dipangkas. Diperlukan tiga tahun sebelum perdu teh dapat dipanen untuk pertama kali, dan hasilnya hanya sekitar 15 gram!


Selain kemudaan daun, hal kedua yang terpenting untuk menentukan mutu teh adalah ketinggian tempat tumbuhnya. Teh terbaik datang dari perkebunan di pegunungan tinggi. 


Begitu daun dipetik, mereka langsung dibawa ke pabrik di mana proses pelayuan segera dimulai. Daun disebarkan di atas rak supaya layu. Kemudian dipindahkan ke mesin gelinding yang bebas dari cairan. Daun teh yang hitam dan hijau datang dari pohon yang sama. Kalau teh hitam diinginkan, daun teh hijau sudah dikeringkan disebarkan lagi dan ditutupi dengan kain basah. Ini membuat fermentasi terjadi pada daun dan mengubah warnanya menjadi kehitaman.


Kemudian, daun teh dikeringkan, dipilih, dan kemudian dipak untuk dikirimkan. Teh hitam terbaik adalah orange pekoe, yang terbuat dari daun teh yang paling muda dan lunak. Teh oolong, yang menjadi kegemaran orang Amerika berasal dari Formosa Warnanya tidak hijau, tapi juga tidak terlalu hitam, akrena hanya mengalami setengah fermentasi.


Alasan mengapa teh membuat kita segar adalah karena mengandung kafein, seperti juga kopi. Zat lainnya yang terdapat  di dalam teh adalah tannin, yang kadang-kadang membuat teh terasa pahit.


Demikianlah informasi mengenai Mengenal Proses Pembuatan Teh & Sejarahnya. Semoga bermanfaat 

Reactions

Post a Comment

0 Comments