Intip Peluang Bisnis Usaha Rumahan Modal Kecil di Desa

Intip Peluang Bisnis Usaha Rumahan Modal Kecil di Desa

Kehiduapan di desa dan di kota memang sangat kontras berbeda. Di kota kita bisa mendapatkan apa saja yang kita mau asal ada uangnya mu mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki apa yang kita perlukan sudah tersedia di kota.

Bahkan kita bisa melihat gedung-gedung menjulang tinggi, manusia yang sangat banyak, dan teknologi yang sangat canggih.

Berbeda di desa. Kita hanya melihat sejauh mata hamparan sawah yang menghijau, gunung-gunung yang tersusun rapi menawarkan sebuah keindahan alam yang ditawarkan.

Kehidupan di desa memiliki cerita tersendiri yang mampu mengundang seseorang ingin berwisata dan menikmati alamnya yang khas pedesaaan. 

Banyak kelebihan-kelebihan yang ditawarkan mulai dari masyakatnya yang ramah, makanan yang masih alami dan menyehatkan serta suasana yang asri dan segar karena polusi udara yang sedikit.

Intip Peluang Bisnis Usaha Rumahan Modal Kecil di Desa


Zaman sekarang banyak sekali orang ingin pergi ke kota dengan alasan yang bermacam-macam. Mulai dari ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi dan karena tergiur dengan kehidupan urban serta pekerjaan-pekerjaan yang banyak menghasilkan uang. 

Tapi ada juga sebagian orang yang memilih tinggal di desa dengan alasan yang bermacam-macam juga yang jelas tidak ingin pergi ke kota.

Tinggal di desa dengan segala keterbatasannya ternyata memiliki banyak peluang usaha baik yang dilakukan di dalam rumah maupun di luar rumah.

Jika peluang usaha itu kita maksimalkan maka tidak kalah pendapatan kita di desa dengan pendapatan orang yang bekerja di perkotaan.

Lalu bagaimana cara kita mendapatkan peluang agar kita bisa hidup sejahtera di desa?

Masing-masing orang dalam mendapatkan peluang selalu berbeda-beda. Ada yang sangat mudah mendapatkannya ada juga yang sangat susah untuk menggapainya.

Tapi ada persamaan dari orang-orang sukses dalam menjalankan usahanya adalah selalu belajar, tekun dan tidak mudah putus asa.

Belajar

Belajar tidak mesti dengan buku atau guru di sekolah. Pengalaman pun merupakan salah satu guru terbaik yang mengajarkan kita agar tidak mengulangi kesalahan dan selalu meningkatkan kemampuan kita.

Tekun

Tekun harus dimiliki oleh seseorang yang ingin usahanya berjalan dengan baik. Jika pekerjaan kita tidak ditekuni maka usaha yang kita bangun akan sangat lambat berkembang bahkan bisa membuat kita bangkrut.

Tidak mudah putus asa

Seorang pengusaha yang sukses mereka pasti mereka sudah pernah melalui cobaan demi cobaan. Dan cobaan itu tidak membuat mereka putus asa bahkan menjadikan mereka lebih kuat untuk menghadapi cobaan berikutnya. 

Lalu usaha apa saja yang dapat dikerjaan di desa. Berikut ini kita akan bahas satu persatu peluang apa saja yang dapat kita maksimalkan untuk menjadi usaha kita

Peternakan

Usaha yang bisa dilakukan di desa adalah beternak. beternak merupakan kegiatan untuk mengembangbiakan dan memelihara hewan. hewan tersebut dikembangbiakan dan dipelihara untuk diambil manfaatnya.

Misalnya, daging, bulu, susu, telur dan kulitnya. bahkan kotorannya pun berguna untuk dijadikan harga pupuk kandang yang dapat menyuburkan tanah.

Untuk usaha sampingan di desa yang modelnya besar tidak besar bisa melakukan kegiatan ini. Kita bisa beternak ayam kampung, itik, burung, kambing dan api, yang sama bisa dibilang mudah memelihara nya dan perkembangbiakannya.

Memulai usaha peternakan yang tidak mengeluarkan modal yang besar dan lahan yang tidak luas kita bisa memanfaatkan lahan sempit untuk kandang nya atau kita juga bisa memanfaatkan halaman belakang rumah untuk dijadikan tempat beternak.

Adapun usaha peternakan ini dengan modal yang kecil tapi bisa menguntungkan adalah sebagai berikut: 

Beternak ayam

Ayah merupakan unggas yang biasa dipelihara orang. banyak sekali jenis ayam yang ada di dunia mulai dari ayam kampung ayam petelur daging ayam kalkun dan lain sebagainya.

Usaha beternak ayam memang sangat menjanjikan karena banyak yang dapat diperoleh dari usaha beternak ayam. Dari dagingnya yang lezat untuk dinikmati. 

Telunya pun juga bisa menjadi keuntungan untuk kita. Dan dari usaha ini dengan menjual telurnya dan kotorannya agar dijadikan pupuk kandang.

Beternak itik

Saat ini orang jarang sekali peternak bebek mungkin karena repot memeliharanya. 

Padahal jika kita pikirkan beternak bebek ini lebih menguntungkan juga karena harga bebek dan telurnya daripada ayam.

Telur itik yang ciri khasnya berwarna biru awan sangat cocok untuk dijadikan telur asin. 
Jika usaha ini ditekuni maka akan menambah penghasilan dari beternak itik. Yang jelas telur asin lebih mahal daripada telur biasa.

Beternak burung puyuh

Jika alasannya tidak mempunyai lahan yang luas. Kenapa tidak kita coba dengan lahan yang kecil untuk beternak buruh puyuh.

Kita bisa manfaatkan lahan yang kecil dan terbatas tersebut untuk memelihara buruh puyuh.

Beternak burung puyuh ini bukan hanya telurnya yang berciri khas loreng yang bisa menghasilkan uang tetapi juga burungnya bisa bernilai mulai dari menjual bibit burung puyuh.

Beternak lele

Lele merupakan salah satu ikan yang sangat lezat dijadikan sebagai lauk. Masakan yang berbahan lele sudah tersebar bahkan dari warung biasa sampai restoran ada yang menyajikan masakah dari ikan lele ini.

Membudiyakan beternak lele tidak susah untuk ditekuni. Asal ada kemauan dan tekad yang kuat usaha yang kita jalani ini pasti akan berhasil.

Toko Pertanian

Peluang usaha berikutnya adalah menjadi pedagang. Di desa orang pasti memerlukan peralatan-peralatan yang berhubungan dengan pertanian seperti alat pertanian, pupuk, bibit dan benih.

Memang usaha ini memerlukan modal yang cukup dalam. Tetapi jika berhasil maka usaha ini bisa mensejahterakan kita di desa.

Yang perlu diperhatikan dalam menggeluti usaha ini adalah harus mengetahui kebutuhan apa yang ada di desa. 

Desa satu dengan desa yang lainnya pasti berbeda. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan betul-betul agar tidak sampai gulung tikar.

Bengkel Motor

Kata siapa di desa tidak bisa membuka usaha jasa bengkel. Di desa orang akan memerlukan alat transportasi untuk berbagai keperluan

Mulai dari mengangkut penumpang sampai mengangkut hasil kebun atau di sawah.

Usaha bengkel ini memang tidak semenarik usaha lain di desa. Karena harus memiliki skil yang mumpuni agar orang tidak kecewa dengan jasa bengkel kita.

Budidaya Tanaman Organik

Di desa orang-orangnya pasti hebat dalam hal bertani. Tapi jika bertani dengan membudidayakan tanaman organik mungkin masih tidak begitu banyak yang menggelutinya.

Jika kita mampu dalam mengelola budidaya tanaman organik ini maka bisa jadi peluang untuk mendapatkan keuntungan lebih terbuka lebar.

Tanaman organik adalah tanaman yang dibudidayakan tanpa menggunakan dan bebas dari bahan kimia. 

Saat ini orang mulai berpaling yang biasanya memakai bahan kimia untuk membantu pertumbuhan dan menjauhkan dari hama dan serangga beralih dengan memakai bahan-bahan yang lebih aman dan tentunya lebih sehat. 

Nah dari paparan di atas. Apakah ada salah satunya menjadi inspirasi peluang bisnis usaha Anda?

Padahal masih banyak lagi usaha yang bisa kita tekuni di desa kita. apalagi saat ini pemerintah sudah banyak memperhatikan kehidupan kita yang berada di desa.

Semoga dengan membawa tulisan ini kita mampu bersaing untuk maju agar kehidupan kita lebih baik dan sejahtera. Amin.

LihatTutupKomentar