Hidup Tenang dan Bahagia, Tips dan Cara Menjalaninya

Hidup tenang dan bahagia merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh setiap orang. Tidak hanya kalangan tertentu saja tetapi dari kecil sampai dewasa, dari yang tidak berpunya sampai yang kaya ingin hidupnya penuh dengan ketenangan dan kebahagiaan.

Di dunia ini setiap manusia kadang merasakan sedih, senang, bahagia dan lain sebagainya. Dan itu silih berganti dan kadang-kadang muncul secaratiba-tiba dan menghilang begitu.

Hidup Tenang dan Bahagia, Tips dan Cara Menjalaninya

Hidup Tenang dan Bahagia, Tips dan Cara Menjalaninya
Kita sebagai manusia bisa memunculkan rasa tenang dan bahagia di setiap saat. Bukan berarti kita ini tidak bisa membangun suatu kehidupan yang bahagia tapi dengan mengarahkan dan mengelolanya rasa bahagia itu akan muncul dan bertahan lama di dalam kehidupan kita.

Jika dipikirkan bahagia itu memang susah untuk di ukur karena bersifat relatif. Pada manusia dengan segala keterbatasannya ia merasa bahagia. Tetapi ada juga orang yang bergelimang dengan harta belum merasakan kebahagiaan yang ada di dalam hidupnya.

Baca juga: 5 Cara Supaya Keluarga Bahagia dan Harmonis

Berikut ini kami ingin membagikan kepada anda tips cara menjalani hidup tenang dan bahagia silakan untuk dicoba mulai dari sekarang dan semoga tips ini bisa membantu Anda mendapatkan kebahagiaan

Selalu Bersyukur

Hal yang pertama yang paling mendasar yang harus ditanamkan kepada diri kita adalah selalu bersyukur atas karunia Tuhan yang telah diberikan-Nya kepada kita.

Dengan bersyukur kehidupan yang kita jalani hari hari akan terasa lebih ringan, mudah dan bahagia. 

Bersyukur juga bisa menjauhkan diri kita dari sifat-sifat yang tidak baik seperti mengeluh iri dengki kepada orang lain karena yang kita miliki tidak sama dengan orang lain.

Baca juga: Kado yang Cocok, Unik dan Murah untuk Ibu Melahirkan

Wajar jika kehidupan kita jauh dari kebahagiaan karena kita merasa kurang dan tidak pernah melihat orang lain yang lebih susah dari kita oleh karena itu bersyukurlah agar hidup kita selalu tenang dan bahagia.

Jalani Hidup dengan Sederhana

Tips yang kedua yaitu jalanilah hidup dengan sederhana. Hidup sederhana bukan berarti hidup yang susah. Sederhana adalah bagaimana cara kita menyederhanakan kebutuhan yang ada selama ini.

Misalnya dalam sehari kita makan makanan yang mewah kemudian kita Sederhanakan dengan makan yang secukupnya angka terisi perut kita. Nah mungkin itu yang dinamakan dengan sederhana.

Sederhana bukan saja membuat hidup kita lebih tenang tetapi juga akan menjadikan kita sebagai orang yang bisa mengatur keuangan dan menjauhkan diri kita dari sifat boros.

Perbanyak Senyum

Senyum bisa menjadi obat alternatif yang bisa membuat hidup kita tenang dan bahagia ini merupakan terapi yang bisa kita terapkan di dalam kehidupan kita.

Silakan untuk bertemu kawan yang bisa membuat kita tersenyum dan tertawa. Tersenyum dan tertawa itu dalam waktu singkat perasaan kita yang kurang nyaman akan berubah menjadi tenang.

Jadi Perbanyaklah senyum karena tidak hanya dapat menenangkan diri Anda juga akan membawa positif di dalam lingkungan sosial kita.

Maknai Hidup

Tips ini merupakan bagaimana cara kita memaknai hidup kita agar hidup kita lebih berarti. Jika hidup itu berarti maka ada rasa optimis yang akan terbangun dan akhirnya kita merasakan ketenangan dan kebahagiaan.

Pikirkanlah bahwa kita ini diciptakan Tuhan Yang Maha Esa karena ada alasannya. bahwa kita adalah manusia yang terpilih untuk hidup di muka bumi ini ditugaskan oleh Tuhan agar melindungi menyayangi sesama makhluk-Nya.

Atur Pola Hidup

Aturlah pola hidup mulai dari bangun pagi sampai tidur lagi. Buatlah pola hidup mulai dari bangun pagi sampai tidur lagi.

biasakan biasakanlah untuk bangun lebih pagi agar badan kita lebih sehat dan juga pikiran lebih segar dan dengan kondisi pikiran yang segar maka kita mempunyai bekal untuk mengarungi semua tantangan yang ada di hadapan kita.

Kemudian cukupi istirahat Kita dengan tidur yang cukup. agar ketika bangun pagi kita tidak kesiangan dan badan kita tidak mudah lemas dan tidak segar.

Olahraga

Ada peribahasa yang mengatakan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat oleh karena itu untuk menjadikan hidup kita tenang dan bahagia berolahragalah secara teratur

Misalnya senam kesegaran jasmani jalan santai jogging yang akan membantu hidup kita agar menjadi tenang dan bahagia.

Jadi olahraga bisa juga membuat hidup kita tenang dan bahagia serta bisa menambah kekuatan fisik kita agar tidak mudah terserang penyakit.

Hidup tanpa hutang

Ini merupakan perkara dan cobaan yang mungkin terberat dalam hidup kita yaitu petang hampir setiap manusia mempunyai hutang hutang uang maupun hutang jasa.

Yang kita bahas disini adalah hutang yang berbentuk uang jadi sebisa mungkin kita harus menghindari utang.

Karena dengan adanya hutang walaupun kecil itu akan membuat pikiran kita tersita dengan utang.

Oleh karena itu berusahalah untuk menghindari yang namanya hutang karena akan membuat hidup kita tidak tenang dan bahagia

Jangan Membandingkan

Tips yang selanjutnya yaitu berusaha untuk tidak membandingkan dengan orang lain yang lebih dari kita. 

Hal ini akan mengakibatkan diri kita akan terjerumus ke dalam hal yang tidak baik dan akan di selimuti oleh pikiran-pikiran yang negatif.

Ubahlah mindset yang ada di dalam kepala kita dengan berfikir untuk berusaha sekuat tenaga menjadi sukses seperti orang yang kita lihat.

Dengan begitu kita akan dijauhkan dari hal-hal yang akan membandingkan kesuksesan yang kita dapatkan dengan kesuksesan orang lain yang akhirnya kita akan terbebani hidup tidak tenang dan jauh dari kebahagiaan.

Nikmati hidup

Hidup ini merupakan suatu hal yang sangat berharga karena sangat berharga maka nikmatilah hidup itu.

Banyak cara untuk menikmati hidup ini misalnya bertamasya berlibur ke tempat yang tenang berkunjung tempat-tempat bersejarah berbagi kepada orang lain yang membutuhkan.

Nah dengan begitu hidup kita akan lebih bermakna dan bisa menjadikan ketenangan dan kebahagiaan di di dalam pikiran.


Jadi bahagia itu tidak hanya berupa jabatan kebenaran maupun harta yang berlimpah tetapi ketenangan dan kebahagiaan itu berasal dari hati bersih yang jiwa yang tenang Semoga dengan adanya tips ini dapat membantu kita memperoleh ketenangan dan kebahagiaan.

Lihat Juga

Reactions