Ayo Cari Tahu Apa Saja Keuntungan dari Investasi Reksa Dana

Ayo Cari Tahu Apa Saja Keuntungan Dari Investasi Reksa Dana
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay


Ayo cari tahu apa saja keuntungan dari investasi reksa dana. Sebelum memilih investasi tentunya harus mengetahui aturan main dari investasi tersebut. Salah satu investasi yang saat ini ramai dalam pembicaraan adalah investasi reksa dana.

Sebelum mengetahui apa saja keuntungan yang di dapat dari investasi reksa dana. Alangkah baiknya bagi yang pemula yang ingin terjun ke dalam dunia investasi reksa dana mengetahui

Apa itu investasi?

Apa itu investasi reksa dana?

Dan apa saja keuntungan dari investasi reksa dana?


Dari ketiga poin di atasi akan dijabarkan secara singkat kecuali pada bagian poin ke tiga yaitu apa saja keuntungan dari investasi reksa dana yang perlu dibahas sedikit lebih dalam.


Investasi menurut KBBI adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Jadi Investasi adalah cara memasukan uang atau modal ke suatu badan usaha atau kegiatan proyek dengan tujuannya ingin memperoleh keuntungan.


Kemudian menurut KBBI lagi reksadana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan. Singkatnya adalah reksa dana adalah tempat dimana seseorang menyalurkan modalnya untuk diinvestasikan.


Lalu apa saja keuntungan jika memiliki dana dan diinvestasikan ke dalam investasi reksa dana?


Berikut ini ini merupakan beberapa keuntungan dari investasi reksa dana.


Fleksibel

Investasi dalam bentuk reksa dana mendapat keuntungan, seorang investor dapat menentukan  investasinya apakah digunakan untuk jangka waktu yang lama, menengah atau secara singkat saja.


Jika ingin menginvestasikan modal di reksa dana dengan waktu yang singkat ada pilihan jika ada yang ingin jangka waktunya di bawah satu tahun.


Dengan fleksibel ini seorang investor akan diberi opsi apakah ingin berinvestasi di reksa dana secara singkat atau secara jangka panjang. Jadi intinya pilihan ada di tangan investor.


Praktis

Kenapa investasi di reksa dana bisa dikatakan praktis? Dengan kecanggihan teknologi sekarang ini dengan hanya di rumah seorang investor bisa berkomunikasi dengan manajer atau petugas investasi secara online. Kemudian untuk transaksi pun pembelian juga dapat dilakukan dengan auto debit.


Dengan kepraktisan ini para investor dapat secara berkala untuk melakukan komunikasi dengan para penyedia investasi reksa dana yang biasanya diberikan waktu tanpa batas. 


Transparan

Ini salah satu keuntungan dari investasi reksa dana yang banyak sekali orang tergiur. Ini cukup beralasan karena sistem keterbukaan yang baik membuat para investor mau menginvestasikan dananya ke reksa dana.


Dengan informasi yang sekarang ini untuk mengetahui pluktuasi harga unit dapat dilihat pada media cetak, media yang banyak sekali membahas tentang bisnis investasi maupun media sosial yang selalu ada setiap saat.


Kemudahan 

Berinvestasi di dalam reksa dana ini banyak sekali kemudahan yang didapat apalagi bagi seorang pemula yang ingin belajar berinvestasi dalam bentuk reksa dana. Investasi reksa dana kelola oleh manajer investasi profesional yang profesional di bidang dan berlisensi serta sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dengan kemudahan yang ditawarkan maka investasi di bidang ini sangat cocok untuk investor pemula.


Bukan hanya itu saja. Investasi reksa dana menawarkan kemudahan untuk dibeli dan juga dipahami karena dengan membayar biaya manajemen sebagai bagian dari rasio yang nantinya digunakan untuk menyewa manajer investasi portofolio yang profesional.


Modal Investasi Kecil

Hanya dengan modal kecil seorang calon investor dapat ikut dalam berinvestasi di reksa dana. Modal investasi awal dimulai dari Rp 100.000,-. Dengan biaya yang tidak besar tersebut seorang pemula dapat belajar dulu dengan modal yang tidak besar agar meminimalisir jika ada kesalahan atau kerugian.


Bebas Pajak

Apa benar berinvestasi di reksa dana ini bebas pajak? Yang benar karena dari hasil penjualan unit yang terjual kemudian diterima oleh para investor merupakan hasil bersih yang artinya seorang investor tidak lagi memikirkan berapa potongan pajak yang harus dibayarkan.


Nah itulah tadi informasi tentang apa saja keuntungan dari investasi reksa dana. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Reactions

Post a Comment

0 Comments