Panduan Membuat Nada Dering Ponsel Unik dengan Suara Sendiri

Panduan Membuat Nada Dering Ponsel Unik dengan Suara Sendiri
Panduan Membuat Nada Dering Ponsel Unik dengan Suara Sendiri


Sekarang ini zaman serba canggih apapun bisa didapatkan hanya dengan berada di rumah dan hanya dalam genggaman. Ya, sekarang ini ponsel sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, mulai dari belanja sampai tips dan trik juga ada dalam ponsel kita.

Tidak hanya itu ponsel kita sekarang ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih cuma dengan mengandalkan koneksi internet yang stabil kita bisa melakukan apapun dengan ponsel kita. salah satu yang sering kita lakukan ponsel dalam keseharian kita adalah pesan atau messenger yang merupakan aplikasi berkirim pesan dan panggilan yang sederhana akan tetapi sangat bermanfaat untuk kita.

Berbicara tentang panggilan dan pesan maka tidak terlepas juga dengan nada dering dan nada pesan yang masuk ke dalam ponsel kita. Dengan adanya nada dering dan nada pesan itu kita mendapatkan notifikasi bahwa di dalam ponsel kita ada panggilan ataupun ada pesan yang masuk.

Nah. Kali ini ada tips agar nada dering panggilan masuk di ponsel kita berbeda dengan orang lain. Caranya kita bisa membuatnya sendiri dan sangat simpel dan nada dering ini merupakan nada dering dengan suara kita sendiri. Kita bisa berkreasi untuk membuat nada dering tersebut serta yang pastinya nada dering yang kita buat sesuai dengan suara dan keinginan kita sendiri.

Lalu bagaimana caranya?

Sebelum lebih jauh kita membahas tentang cara membuat nada dering sendiri alangkah bagusnya untuk membuat konsep dulu sebelum memulai membuat nada deting dengan suara sendiri. adapun yang perlu diperhatikan adalah

  1. Konsep nada dering kita bertemakan tentang apa
  2. Ponsel kita apakah sudah support terhadap aplikasi yang membantuk kita membuat nada dering dengan suara kita sendiri
  3. Suara kita sendiri apakah sudah suara yang sudah prima. Maksud prima di sini adalah apakah suara kita sudah siap direkam atau belum.
  4. Apakah kondisi kita saat sedang merekam dalam keadaan fit
  5. Apakah lingkungan sekitar memungkinkan dapat merekam suara kita sendiri tanpa adanya suara-suara yang lain juga ikut terekam.


Jika hal-hal di atas sudah diperhatikan dan sudah diatasi, maka selanjutnya kita langsung membuat nada dering dengan suara kita sendiri. Untuk perlu ada inspirasi yang memungkinkan kita mendapatkan tema yang bagus. Kita bisa melihat atau mendengarkan nada dering milik orang lain yang saat ini sudah banyak bertebaran di dunia maya salah satu contoh yang inspirasi kita dalam membuat nada dering adalah di situs dianisa.com yang banyak sekali membahas tentang teknologi terkini.


Oke tidak menuggu lama mari kita langsung menuju ke cara pembuatan nada dering dengan suara sendiri.


1. Pilih Suara yang Unik dan Bermakna

Pilih suara yang ingin dibuat. Suara tersebut bisa bernada sedih bahagia mapun tertawa. Pikirkan momen atau kenangan yang ingin Anda hubungkan dengan nada dering tersebut. Memilih suara yang memiliki nilai sentimental akan membuatnya lebih istimewa.


2. Alat dan Aplikasi yang Diperlukan

Sebelum sudah dijelaskan bahwa perlu diperhatikan ponsel kita yang support terhadapa aplikasi yang akan digunakan untuk merekam, memotong atau editing yang lainnya. Jika sudah beres maka ada beberapa aplikasi yang perlu kita unduh dan instal dalam ponsel kita yang gunanya untuk merekam dan editing suara kita serta memasukan suara efek atau musik. Banyak aplikasi yang tersedia di toko aplikasi, seperti Audacity, GarageBand (untuk pengguna iOS), atau WaveEditor. Pilih aplikasi yang paling sesuai dengan preferensi dan sistem operasi ponsel.


3. Merekam Suara Sendiri

Gunakan perekam suara bawaan ponsel atau aplikasi perekam eksternal untuk merekam suara Anda. Pastikan lingkungan sekitar cukup tenang agar suara yang dihasilkan jelas dan tidak terdistorsi. Jika Anda ingin menciptakan nada dering dari suara instrumen musik atau alat musik yang Anda mainkan, rekamlah dengan cermat.


4. Masuk Tahap Editing

Setelah merekam suara, langkah berikutnya adalah memotong dan mengeditnya agar sesuai dengan keinginan kita. Gunakan aplikasi yang tersedia dan support dengan ponsel pengeditan audio untuk memotong bagian yang tidak diinginkan dan menyusun sisa suara sesuai keinginan Anda. Anda dapat menambahkan efek tambahan, seperti echo atau reverb, untuk memberikan sentuhan kreatif pada nada dering.


5. Pilih Bentuk Format dan Panjang Nada Dering

Sebelum menyimpan nada dering, pastikan untuk memilih bentuk format yang didukung oleh ponsel kita. Umumnya, format yang biasa dipakai adalah MP3 atau M4R. Selain itu, tentukan panjang nada dering sesuai keinginan kita.


6. Simpan dan Atur Nada Dering di Ponsel

Setelah mengedit dan memotong suara, simpan hasilnya dan transfer ke ponsel Anda. Anda dapat menggunakan kabel USB, Bluetooth, atau metode lian untuk transfer file. Setelah itu, atur nada dering baru yang telah dibuat melalui pengaturan nada dering ponsel. Pastikan untuk mengatur nada dering khusus untuk panggilan, pesan, dan notifikasi lainnya agar dapat dengan mudah mengidentifikasi sumber suara.


Nah itulah tadi bagaimana caranya membuat nada dering dengan suara sendiri. ternyata mudah dan gampang kan? Untuk referensi yang lebih detail tentang contoh suara nada dering yang bagus dan lengkap dapat mengunjugi di download nada dering wa agar ide dan kreatifitas kita tambah banyak dan beragam. Terima kasih.

Reactions

Post a Comment

0 Comments