Cara Ampuh dalam Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara Ampuh dalam Mengatur Keuangan Rumah Tangga. Kita tidak tahu akan datang bagaimana nasib kita. dan setiap orang ingin masa depannya dan rumah tangganya cerah dan bahagia. begitu juga kita pasti selalu ingin menjalani hidup dengan keluarga selalu dengan kebahagiaan. 

Salah satu cara untuk menggapai kebahagiaan itu adalah tercukupinya kebutuhan rumah tangga baik kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder.

Dari paragraf di atas untuk mencapai kecukupan kebutuhan rumah tangga tersebut, kita kita perlu mengatur sirkulasi keuangan yang ada di dalam rumah tangga. 

Nah berikut ini mari kita sama-sama kita bahas tentang keuangan dalam keluarga.

Cara Ampuh dalam Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Manfaat mengatur keuangan rumah tangga

Perlu kita ketahui bahwa kita harus mengatur keuangan rumah tangga agar dapur yang kita miliki selalu berasap walaupun di tanggal tua. Belum lagi pengeluaran-pengeluaran yang lainnya. Tentu kita harus memikirkan bagaimana cara mengatur keuangan di dalam rumah tangga kita.

Apa saja menfaat yang didapatkan dalam mengatur keuangan rumah tangga. Manfaat yang didapat adalah sebagai berikut:
  • Mengetahui sirkulasi keuangan di dalam rumah tangga
  • Mengontrol keuangan rumah tangga agar arus keuangannya selalu sehat.
  • Meminimalkan dan menghindari terjadinya pengeluaran dan hutang yang terkendali 
  • Dapat mengalokasikan ke pengeluaran yang lain
  • Memnudahkan untuk menggapai tujuan
  • Melindungi anggota keluarga

Dari manfaat mengatur keuangan rumah tangga tersebut kita bisa mengatur keuangan yang ada di dalam rumah tangga. Lalu apa tujuannya kita harus mengatur keuangan rumah tangga

Tujuan mengatur keuangan rumah tangga

Adapun tujuan yang didapat dalam mengatur pengelolaan keuangan rumah tangga adalah meningkatkan taraf hidup yang lebih baik untuk diri sendiri dan keluarga di rumah. 

Juga tujuan dari pengelolaan mengatur keuangan yaitu kita akhirnya memiliki arah dan tujuan bagaimana kita memperoleh penghasilan yang kita miliki

Kita memerlukan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari termasuk makanan, pakaian, rumah, biaya pendidikan, dan biaya rumah sakit. 

Jika kita tidak bisa mengelola keuangan tersebut dengan baik maka akan banyak pengeluaran tidak penting dan berlebihan atau hanya akan habis hanya untuk kebutuhan sehari-hari dan akhirnya tidak bisa menyisihkan untuk tabungan akan datang. Dan akhirnya tidak bisa menikmati hidup yang lebih baik.  

Cara ampuh mengatur keuangan rumah tangga

- Membuat daftar pengeluaran

Pertama-tama bisa membuat daftar pengeluaran di dalam rumah tangga misalnya
  • kebutuhan rumah seperti tagihan listrik, air, internet, pajak tahunan, iuran keamanan, iuran kebersihan.
  • perbaikan-perbaikan pada bagian rumah yang dianggap harus diperbaiki.
  • asuransi dan tabungan
  • pendidikan
  • konsumsi rumah tangga
  • transportasi
  • cicilan hutang
  • zakat dan sedekah
  • dana darurat
  • dan lain-lain yang dianggap perlu

Jika sudah selesai membuat daftar pengeluaran rumah tangga. Daftar tersebut dibuat semenarik mungkin dan ditempel di tempat yang strategis agar menjadi pengingat dalam mengelola keuangan.

- Menghitung seluruh pendapatan

Langkah selanjutnya adalah Jumlahkan seluruh pemasukan seperti gaji bulanan dan pemasukan di luar gaji bulanan. Ini bertujuan untuk mengetahui jumlah seluruh pemasukan yang didapat.
 Kemudian setelah menghitung seluruh pendapatan yang kita dapatkan. Pemasukan tersebut Kita bagi ke dalam daftar pengeluaran yang sudah dibuat. 

- Prioritaskan kebutuhan penting

Nah untuk bagian ini kita harus menyisihkan kebutuhan yang harus kita penuhi untuk hidup kita dan keluarga. Ada beberapa hal yang harus dijadikan prioritas dalam mengeluarkan uang kita yaitu tempat tinggal, pendidikan dan kesehatan.

- Kurangi hal-hal yang tidak penting

Jika kita tidak mengurangi hal-hal yang tidak penting maka otomatis keuangan kita akan tidak sehat. Misalnya karena ingin tampil keren maka beli gadget yang mahal. Atau ingin selalu jalan-jalan setiap minggu.

Demikian semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Amin

Lihat Juga


LihatTutupKomentar