Cara Supaya Cepat Selesai dan Lulus Kuliah Tepat Waktu

Cara Supaya Cepat Selesai dan Lulus Kuliah Tepat Waktu
Cara Supaya Cepat Selesai dan Lulus Kuliah Tepat Waktu

Ada beberapa sebagian mahasiswa yang terlena dan kurang serius dalam menempuh pendidikannya di bangku kuliah. Karena terlena akhirnya mahasiswa tersebut ada yang lama sekali dapat menyelesaikan seluruh mata kuliahnya dan bahkan ada juga yang gagal mendapatkan gelar sarjananya.

Cepat dan lambatnya seseorang dalam mendapatkan gelar sarjana sangat dipengaruhi oleh kegigihan diri sendiri dalam menyelesaikan seluruh mata kuliahnya. Jika tidak, maka gelar sarjana yang diinginkan akhirnya menjadi impian belaka.

Keseringan dan kebanyakan orang lama sekali untuk menyelesaikan kuliahnya adalah pada saat membuat dan menyusun skripsi. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang tidak gampang dibuat. Oleh karena itu banyak mahasiswa yang tersendat-sendat dalam menyelesaikan perkuliahannya gara-gara skripsi.

Berikut ini merupakan cara supaya cepat selesai dan lulus kuliah dengan tepat waktu.


1. Niatkan untuk cepat selesai kuliah

Niat merupakan hal yang utama dalam memulai melakukan suatu kegiatan. Begitu juga yang berkaitan dengan perkuliahan, jika ingin cepat selesai dan lulus dari kuliah maka niat yang kuat dan sungguh-sungguh harus diperlukan.

Niatkan bahwa kita harus semangat dan sungguh-sungguh untuk menuntut ilmu dan tanamkan dalam hati bahwa jika ingin sukses di masa akan datang maka mulai dari sekarang harus berusaha lebih giat lagi.

Jika ini dilakukan dan ditanamkan setiap hari maka halangan dan gangguan akan mudah dilewati dan akhirnya kita kita lulus dan mendapatkan gelar sarjana yang kita idam-idamkan.


2. Jangan malas mengikuti perkuliahan

Banyak juga yang gagal karena hal ini. Gara-gara tidak mencukupi prosentasi pertemuan atau belajar tatap muka dengan dosen akhirnya mata kuliah yang kita ambil tidak lulus dan akhirnya merugikan kita sendiri.

Sebelum terjadi hal yang demikian maka kita harus tanamkan juga jangan malas untuk mengikuti perkuliahan yang sudah dijadwalkan. Karena salah satu penilaian dari dosen adalah jumlah prosentasi perkuliahan yang diikuti.

Untuk menghindari rasa bosan ketika berada di dalam ruang perkuliahan Anda bisa mengubah kebiasaan menjadi mahasiswa yang aktif dalam ruang perkuliahan, misalnya selalu duduk di urutan depan dan selalu bertanya jika ada hal yang kurang dipahami dan aktif dalam diskusi. 


3. Selesaikan seluruh tugas yang diberikan

Selesaikan tugas yang sudah diberikan oleh para dosen sesuai dengan batas waktu yang ditentukan oleh dosen dengan baik serta tidak asal-asalan dalam menyelesaikannya.

Tugas yang diberikan oleh dosen sangat berpengaruh dalam nilai yang akan Anda dapatkan nantinya. Terkadang tugas yang diberikan sangat berat dan rasanya melebihi batas kemampuan.

Akan tetapi jika kita berpikiran positif dan dikerjakan serta menjauhi sifat mengeluh maka tugas yang diberikan tersebut akhirnya akan selesai. Dan yang paling penting adalah tugas yang diberikan dosen tersebut merupakan pembelajaran untuk kita agar kita terbiasa dalam memecahkan masalah.


4. Pandai-pandai memilih teman

Teman di kampus bisa diibaratkan seperti pisau bermata dua. Jika kita bisa memilih teman maka kita akan terbantu dalam menyelesaikan kuliah kita dan jika tidak bisa memilih teman maka bersiap-siaplah Anda akan ketinggalan dalam menyelesaikan tugas Anda sebagai mahasiswa.

Teman-teman di sekeliling Anda saat ini sangat mempengaruhi kecepatan Anda dalam menyelesaikan kuliah. Jika teman Anda sering mengajak jalan-jalan, nongkrong, bergadang yang jauh dari kegiatan belajar maka perlu Anda waspada dan menghindari tanpa memutuskan tali persahabatan.

Memang harus ada yang dikorbankan dalam meraih kesuksesan. Termasuk bagaimana cara supaya cepat dan lulus kuliah tidak hanya waktu dan tenaga yang dikorbankan akan tetapi waktu untuk beteman pun juga akan berkurang.


5. Buat agenda sendiri dalam menyelesaikan kuliah

Jika Anda sekarang berada di semester yang baru atau masih duduk di semester pertama atau kedua alangkah baiknya Anda perlu menyusun agenda sendiri dalam menyelesaikan perkuliahan.

Ketika Anda masih di posisi mahasiswa baru (maba) kita belum banyak mengerti hal-hal dan istilah dikampus dan bagaimana cara agar bagaimana cepat dalam menyelesaikan pendidikan di kampus. 

Jangan khawatir setiap mahasiswa akan memiliki dosen pembimbing akademik, bertanya dan berdiskusilah dengan beliau agar Anda cepat memahami dunia perkuliahan dan akhirnya lulus sesuai dengan target yang telah Anda buat.


6. Kurangi kegiatan yang bermanfaat

Kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat juga bisa menjadi penyebab Anda akan lambat dalam menyelesaikan kuliah. Di sinilah kegigihan dan konsisten Anda dipertanyakan apakah kuliahnya hanya biasa-biasa saja dan tidak tahu kapan ingin lulus atau ingin cepat lulus kuliah dengan nilai yang sempurna.

Mengurangi kegiatan tidak mesti menghentikan kegiatan yang kita senangi. Kita juga perlu waktu rehat untuk mengendurkan otot dan pikiran yang tegang. Misalnya berekreasi, jalan-jalan dan bahkan bermain game.

Tapi ingat tujuan awal adalah bahwa mengurangi kegiatan yang kurang bermanfaat adalah untuk supaya kita dengan cepat menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu.


7. Jangan menunda

Yang terakhir adalah jangan menjadi kebiasaan dengan perilaku menunda suatu kegiatan dan pekerjaan. Jika hal ini selalu dilakukan maka akan berdampak tidak baik, bukan saja untuk pendidikan Anda tetapi kehidupan Anda.

Kita tidak tahu setelah menunda pekerjaan atau belajar apakah waktu akan datang lebih longgar atau sebaliknya kita tidak bisa lagi mengejar ketertinggalan kita karena hal yang sepele yaitu selalu menunda.

Oleh karena itu jika bisa dikerjakan sekarang maka kerjakanlah semua pekerjaan yang berkaitan dan yang berhubungan dengan bagaimana caranya agar Anda dengan cepat bisa menyelesaikan perkuliahan.

Demikian semoga bermanfaat dan memberkan motivasi yang positif agar Anda cepat menyelesaikan perkuliahan tepat waktu. Terima kasih.


Baca juga!!!

LihatTutupKomentar