Tahapan dalam Menghitung Minggu Efektif Pembelajaran

Tahapan dalam Menghitung Minggu Efektif Pembelajaran
Tahapan dalam Menghitung Minggu Efektif Pembelajaran 

Cara menghitung minggu efektif pembelajaran sebenarnya sangat mudah asalkan kita mempunyai bahan-bahan pendukungnya dan tahu tahapan-tahapan serta langkah-langkahnya. 

Minggu atau pekan efektif pembelajaran merupakan jumlah hari dalam satu pekan yang dialokasikan untuk kegiatan belajar mengajar di kelas. Hari efektif adalah hari dimana kegiatan belajar mengajar dapat dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas.

Menghitung minggu efektif bertujuan memudahkan guru dalam menyusun program pembelajaran di kelas selama satu tahun pelajaran yang dimulai pada bulan juli dan berakhir pada bulan juni.

Adapun fungsinya adalah untuk mengatur program pembelajaran guru agar materi-materi yang sudah ditetapkan berjalan sesuai dengan rencana.

Manfaat dari menghitung minggu efektif adalah
  • mengetahui hari jumlah minggu efektif dan minggu tidak efektif untuk kegiatan belajar mengajar
  • menjadi pedoman bagi guru dalam menyusun program tahunan dan program semester
  • panduan untuk guru dalam membagi alokasi waktu kegiatan pembelajaran
  • efektivitas guru dalam kegiatan belajar mengajar seraya meningkat


Berikut ini dijelaskan bagaimana cara menghitung minggu efektif pembelajaran

1. Kalender Pendidikan 

langkah yang pertama adalah dengan menyiapkan kalender pendidikan. Kalender pendidikan disusun dan didistribusikan oleh pemerintah baik dari dinas pendidikan  daerah masing-masing maupun kantor kementerian agama.

Kalender pendidikan memuat awal tahun pelajaran dimulai, hari efektif belajar, hari libur, ulangan atau penilaian baik akhir semeter maupun akhir tahun. Jadi hal yang pertama yang harus disiapkan adalah kalender pendidikan.

Biasanya di awal tahun pelajaran wakil kepala sekolah atau madrasah bidang kurikulum akan memberitahukan dan membagikan kalender pendidikan. Nah, jika belum mendapatkannya silakan tanyakan kepada wakil kepala sekolah atau madrasah Anda masing-masing.

berikut ini contoh kalender pendidikan silakan klik di sini

2. menghitung jumlah pekan

Yang kedua adalah menghitung jumlah pekan dalam setiap bulan  yang ada pada kalender pendidikan. Dimulai dari bulan Juli sampai bulan Desemser (semester pertama) dan dilanjutkan dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni (semester kedua).

Hitunglah dulu jumlah pekan yang ada pada semester pertama setelah itu baru menghitung jumlah pekan pada semester kedua. Kemudian pisahkan jumlah pekan pada semester pertama dan kedua agar nantinya mudah untuk menghitung hari efektifnya.

3. Menentukan hari efektif dan jumlahnya

Sebelum menghitung hari efektif pembelajaran Anda harus memiliki jadwal mengajar yang terbaru agar mudah dalam menghitung hari dalam satu minggu karena tidak semua hari dalam satu pekan kita mengajar.

Dalam satu pekan terkadang terdapat beberapa hari yang seharusnya aktif akan tetapi tidak aktif biasanya dikarenakan tanggal merah atau ada hal yang lainnya karena yang mengakibatkan kita tidak bisa mengajar di kelas.

4. Menjumlah hari-hari tidak efektif

Yang keempat adalah Anda menghitung jumlah hari tidak efektif dan mengumpulkan. Hari tidak efektif di dalam kalender pendidikan seperti libur akhri tahun pelajaran, pengenalan lingkungan sekolah (PLS)/Matsama, PAS, PAT, libur karena tanggal merah, dan libur akhir semester.

Dengan menghitung dan menjumlahkan hari tidak efektif kita akan mengetahui berapa jumlah pekan efektif dalam satu semester.

5. Minghitung pekan tidak efektif

Langkah yang selanjutnya adalah kita akan menghitung pekan tidak efektif selama satu semester. Caranya adalah kita menghitung hari efektif untuk bisa mengajar di kelas.

Jika dalam satu pekan terdapat hari efektif minimal 3 hari maka dianggap menjadi pekan efektif. Dan jika kurang dari 3 (tiga) hari maka dianggap sebagai pekan atau minggu tidak efektif.

6. Menghitung pekan efektif

JIka sudah selesai dalam menghitung minggu atau pekan tidak efektif yang sudah jelaskan di atas. Selanjutnya kita akan menghitung pekan efektif pembelajaran. Langkah dalam menghitungnya adalah jumlah minggu dalam satu semester dikurang jumlah tidak efektif.

Dengan hasil pengurang di atas maka minggu efektif pembelajaran selama satu semester telah didapatkan. Dan lanjutkan lagi untuk semester kedua.

7. Menghitung alokasi  jam pembelajaran

Jika semua sudah selesai, maka tahap akhir adalah kita menghitung jumlah alokasi jam pembelajaran. Caranya adalah dengan mengalikan jumlah minggu efektif satu semester dengan jumlah jam pelajaran dalam satu pekan untuk satu kelas atau rombel (rombongan belajar).

Nah akhirnya kita akan mendapatkan hasilnya dari perkalian jumlah minggu efektif satu semester dengan jumlah jam pelajaran satu mapel yang diampu. Lanjutkan lagi untuk semester berikutnya.

Dengan menyelesaikan menghitung minggu efektif pembelajaran maka satu tahap sudah diselesaikan dalam menyiapkan perangkat pembelajaran dan selanjutnya menyusun program tahun dan program semester dan lain-lainnya.

Demikian semoga bermanfaat, terima kasih dan jangan lupa bagikan kepada yang lain untuk mendapatkan informasi ini.


Baca juga

Reactions