Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Struktur Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi
Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Struktur Teks Eksplanasi

Mungkin kalian pernah membaca di surat kabar atau majalah membahas proses terjadinya letusan gunung berapi. Dari tulisan itu biasanya di jelaskan tentang bagaimana proses gunung merapi tersebut meletus

Dari paragraf di atas ada hubungannya dengan materi yang diajarkan di kelas XI (sebelas). Materi apakah itu? Ya, materi tentang teks ekplanasi.

Pernahkah kalian sebelumnya mendengar atau mengetahui apa itu teks eksplanasi? Jika belum mari sama-sama kita simak penjelasan tentang teks eksplanasi berikut ini.


Pengertian Teks Eksplanasi

Eksplanasi atau jika diubah ke bahasa Inggris maka akan menjadi explanation yang artinya adalah penjelasan. Teks Eksplanasi adalah teks yang berusaha memberikan penjelasan tentang proses terjadinya peristiwa alam maupun peristiwa sosial.

Dari pengertian di atas yang dijelaskan oleh teks eksplanasi adalah penjelasan tentang
- Proses terjadinya peristiwa alam seperti meletusnya gunung merapi, terjadinya banjir bandang, terjadinya ombak tsunami, dan lain-lain.

- Proses terjadinya peristiwa sosial seperti terjadinya unjuk rasa, terjadinya perubahan fashion dan lain sebagainya.


Tujuan Teks Eksplanasi

Jika kita perhatikan secara saksama maka tujuan dari teks eksplanasi ini adalah untuk menjelaskan terjadinya suatu peristiwa secara rinci dan berurutan seperti menjelaskan fenomena yang terjadi dan menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa.


Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki ciri-ciri khusus. Ciri-cirinya dapat ditemukan pada 

  • Struktur teks ini terdiri dari penyataan umum, sebab akibat, interpretasi atau memaknai.
  • Informasi teks ini selalu bersifat faktual (benar secara nyata dan fakta).
  • Informasi yang dijelasakan dan diberikan adalah bersifat ilmiah (keilmuan) dan informasi faktual
  • Teks ekplanasi ini bersifat memberikan informasi dan tidak memberikan informasi yang bersifat mengajak para pembaca untuk mengikuti apa yang dibacanya.
  • Teks eksplasni menggunakan tanda urutan. seperti pertama, kedua, ketiga, dan lain sebagainya. 


Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi selalu terdiri dari tiga struktur yang membentuknya menjadi satu kesatuan yang utuh dan tidak bisa dipisahkan. Bentuk struktur dari teks eksplanasi adalah sebagai berikut:


•Pernyataan umum

Teks eksplanasi memberikan pernyataan yang bersifat umum mengenai hal-hal yang akan dijelaskan pada proses terjadinya sebuat peristiwa. Pernyataan umum ini berfungsi untuk memberikan gambaran awal apa yang akan jelaskan.


•Urutan Sebab Akibat

Pada bagian ini akan dimulai proses menjelaskan terjadinya sebuah peristiwa yang jelaskan secara runtut dari yang awal sampai akhir. Bagian dari teks ekplanasi ini merupkan bagian utaman yang menjelaskan terjadinya proses peristiwa.


•Interpretasi

Interpretasi merupakan bagian dari teks eksplanasi yang memberikan kesimpulan dari bagian pernyataan umum dan urutan sebab akibat.

Nah itulah materi tentang teks ekplanasi, semoga dapat membantu bagi kalian yang ingin mencari materi teks eksplanasi. Dan mohon doa dan dukungannya semoga kami selalu aktif untuk memberikan informasi yang bermanfaat. AMIN.

Sumber: Info guru

Baca Juga

Reactions