Begini Cara Belajar yang Benar dan Efisien untuk Siswa

Begini Cara Belajar yang Benar dan Efisien untuk Siswa
Begini Cara Belajar yang Benar dan Efisien untuk Siswa

Tidak terasa kita sudah bertahun-tahun belajar di bangku sekolah. Mulai dari sekolah dasar sampai sekolah sekolah menengah atas dan ada juga sudah sampai ke jenjang perguruan tinggi. Ternyata selama itu kita selalu belajar baik belajar yang benar dan efisien serta sungguh-sungguh maupun belajar yang kadang-kadang dengan malas-malasan.

Walaupun sudah lama belajar atau sudah menyelesaikan pendidikan, kita masih tetap harus belajar. Dengan belajar kita akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang sangat bermanfaat. Dan meskipun kita sudah sudah sukses, sudah memiliki pekerjaan yang sesuai dan memiliki kekayaan yang berlimpah tetapi kita harus tetap belajar.

Berikut ini kita akan membahas tentang kenapa harus belajar? Apa manfaat belajar dan bagaimana cara belajar yang baik dan efisien. Jika cara belajar kita baik dan efisien maka kita akan beberapa langkah lebih cepat menangkap dan mendapatkan ilmu yang sedang kita pelajari.

Kenapa harus belajar?

Mungkin ada sebagian dari kita bertanya, kenapa kita harus selalu belajar. Ada beberapa alasan kenapa kita harus belajar di antaranya adalah:
1. Perintah Tuhan Yang Maha Esa
2. Memajukan karir
3. Menambah dan meningkatkan kemampuan dan pengalaman
4. Menambah wawasan pengetahuan yang baru
5. Mengasah dan mempertajam kemampuan otak dan ingatan

Kapan belajar yang tepat?

Kata orang belajar waktu yang paling tepat adalah pagi hari. Ya memang benar bahwa waktu belajar yang paling tepat adalah di pagi hari. Saat pagi hari badan kita sudah fresh lagi karena mendapatkan waktu istrahat di malam hari dan belum banyak aktivitas fisik yang membuat mood kita untuk belajar menurun.

Pada waktu pagi hari tingkat konsentrasi kita tinggi dan lebih mudah fokus terhadap materi yang dipelajari. Oleh karena itu dengan alasan waktu tepat untuk belajar sekolah memulai jam belajarnya dimulai pada pagi hari.

Ada juga waktu di malam hari yang tepat untuk belajar yaitu antar jam 7 sampai jam 9 malam. Pada waktu ini segala aktivitas di luar rumah sudah selesai dan tubuh kita sudah mendapat beristrihat sejenak. Dengan demikian ada dua waktu yang dapat dijadikan waktu belajar yang tepat yaitu pagi hari dan menjelang malam (pukul 7 – 9 malam).

Apa manfaat belajar?

Manfaat belajar tentunya banyak sekali. Yang paling umum adalah kita mendapatkan pengetahunan wawasan yang sangat bermanfaat, mengisi waktu-waktu luang, menumbuhkan jiwa pembelajar, menumbuhkan kesadaran bahwa seseorang harus tumbuh dan berkembang dan menjadi orang yang sukses. 

Apapun yang dipelajari pastinya akan mendapat manfaat dan berguna untuk kita dengan niat untuk menjadikan diri kita lebih baik lagi dan bermanfaat untuk orang lain.

Bagaimana belajar yang baik dan efisien?

Di atas kita sudah membahas sedikit tentang kenapa harus belajar dan kapan waktu belajar yang tepat. Berikut ini kita akan membahas bagaimana cara belajar yang baik dan efisien:

1. Niat belajar sungguh-sungguh

Hal yang sangat penting adalah niat. Kita harus berniat belajar sungguh-sungguh agar dapat memahami apa yang dipelajari. Dengan niat yang sungguh-sungguh untuk belajar dan ditopang dengan niat yang baik maka kegiatan belajar kita pun menjadi belajar yang baik.

2. Menghargai dan tepat waktu

Hal yang harus ditanamkan pada diri sendiri adalah menghargai dan tepat waktu jika sudah mengatur atau membuat jadwal untuk belajar. Dengan demikian jika kita bisa menghargai dan tepat waktu untuk belajar maka belajar kita termasuk belajar yang baik dan efisien.

3. Tujuan yang jelas dan spesifik

Tentukan tujuan kamu kenapa ingin belajar. Tujuan yang dibuat haruslah tujuan yang jelas dan spesifik. Manfaat dari tujuan yang jelas dan spesifik ini adalah agar kita selalu fokus apa yang kita pelajari dan apa yang kita inginkan.

Jika tidak ada tujuan dalam belajar maka yang akan dirasakan pada saat belajar adalah rasa bosan dan lelah dan untuk memahami apa yang dipelajari pun akan susah dan sulit.

4. Fokus pada saat belajar

Fokuskan fikiran kita pada saat belajar, tinggalkan hal yang mengganggu fokus dan konsentrasi kita seperti gadget, mainan yang tidak ada hubungannya dengan apa yang kita pelajari.

Jikapun belajar dengan menggunakan bantuan hiburan misalnya belajar sambil mendengarkan musik perlu juga diperhatikan agar tidak mengganggu fokus kita dalam belajar.

5. Sabar dan tidak mudah putus asa

Belajar memang sesuatu yang bisa membuat kita merasa bosan dan tidak sabar yang akhirnya hanya beberapa menit saja kita sudah menyerah untuk belajar. Belajar sama seperti orang yang bekerja yaitu merasa tidak enak dan lelah.

Tetapi diakhirnya kita akan mendapatkan keuntungan yaitu jika bekerja mendapatkan upah atau penghasilan dan jika kita belajar kita mendapatkan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk diri kita.

6. Ulangi setiap hari

Tidak ada istilah manusia itu selesai belajarnya. Dari kecil sampai dewasa manusia tetap belajar. Jika kita belum paham apa yang kita baca dan pelajari maka janganlah gusar karena kebanyakan orang juga belum tentu paham saat awal mempelajari sesuatu.

Dan jangan lupa selalu berlatih dengan latihan bisa diambil dari soal-soal semester lalu ataupun tahun lalu. Belajar seperti ini merupakan salah satu belajar dengan sistematis dan berkelanjutan

7. Rajin membaca

Ini merupakan salah satu kunci utama dalam membuat seseorang sukses. Orang sukses tidak lepas dengan rajin membaca. Setelah membaca buatlah catatan-catatan kecil untuk menguatkan pemahaman kita tentang apa yang sudah kita pelajari. 

Demikian apa yang bisa kami bagikan kepada Anda semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang bagaimana cara belajar yang baik dan efisien. Terima kasih.

Baca juga!!!

LihatTutupKomentar