Apa Saja Makanan Khas di Kalimantan Selatan

Apa Saja Ya Makanan Khas yang Ada di Kalimantan Selatan
Apa Saja Ya Makanan Khas yang Ada di Kalimantan Selatan

Setiap daerah di Indonesia memiliki keanekaragaman yang sangat kaya. Mulai dari pakaian sampai makanan selalu memiliki ciri khas yang. Salah satu dari daerah yang memiliki kekhasan dalam membuat atau mengolah makanan adalah daerah provinsi Kalimantan Selatan.


Karena ada banyak jenis makanan khas dan pastinya menggoyang lidah jika sedang menikmati yang ada di kalimantan selatan maka tidak semua dapat di tulis dalam tulisan ini.

Berikut makanan khas yang ada di daerah kalimantan selatan

1. Soto Banjar

Soto banjar merupakan makanan khas dari kalimantan Selatan yang paling terkenal. Dengan rasanya yang unik dan gurihnya kuah yang disajikan membuat kita terhipnotis dan tidak pernah lupa dengan rasanya yang menggoyang lidah.

Soto Banjar dihidangkan dengan potongan ketupat dan dihiasi dengan topping seperti mihun, ayam suwir, perkedel, telur rebus yang diiris, dan ditambah daun seledri serta bawang goreng.

Agar lebih nikmat lagi biasanya disediakan potongan jeruk nipis atau jeruk kuit (limau kuit). Dan tidak hanya itu biasanya ditambah lagi dengan sate sebagai lauknya.

2. Mandai

Mandai merupakan makanan yang diolah dari kulit cempedak yang sudah matang. kulit terluarnya dibuang dan menyisakan kulit dalamnya.

Mandai dapat juga dibuat dari kulit nangka yang sudah masak dan cara mengolahan untuk dikonsumsi sama juga dengan mandai yang terbuat dari kulit cempedak.

Mandai biasanya di goreng seperti menggoreng lauk atau tempe tanpa tepung. Ada juga yang dimasak dengan cara ditumis serta sebagai salah satu bahan untuk membuat masakan berkuah dan bersantan.

3. Ketupat Batumis

Ketupat batumis merupakan makanan khas kalimantan selatan persisnya di kota Martapura. Makanan ini seperti lontong sayur tapi berbeda dari segi ketupat dan toppingnya.

Dengan tambahan Mageli membuat citra rasa yang ada pada ketupat batumis semakin nikmat dan membuat perut kita kenyang.

untuk lauknya biasanya disediakan telur atau ikan gabus yang dimasak dengan bumbu merah (bumbu masak habang)

Demikian tiga masakan khas yang ada di kalimantan selatan. Padahal masih banyak lagi makanan yang khas yang ada di daerah ini. Insya Allah selanjutnya akan diperbaharui lagi agar lebih banyak lagi makanan yang ada di daerah ini dikenal oleh setiap orang.

Reactions