Menikmati Keindahan Pasar Terapung (Muara Kuin, Siring Banjarmasin & Lok Baintan) di Kalimantan Selatan

Menikmati Keindahan Pasar Terapung (Muara Kuin, Siring Banjarmasin & Lok Baintan) di Kalimantan Selatan
Menikmati Keindahan Pasar Terapung di Kalimantan Selatan

Ingin berlibur ke pasar terapung atau floating market di negara Thailand, tapi terkendala dengan dana yang pas-pasan?

Nah mungkin berikut ini munkin menjadi alternatif untuk Anda yang ingin berlibur dengan suasana sungai dan pasar tradisionalnya. serta tidak perlu jauh-jauh pergi ke negara lain sekaligus mengurangi pengeluaran Anda. 

Tahukah Anda bahwa di Indonesia ada pasar terapung yang unik dan khas serta sudah lama ada? Pasar ini sama persis di negara Thailand.

Silakan lihat juga: 3 Ciri Khas Yang Ada Di Kalimantan Selatan

Di Indonesia tepatnya di provinsi Kalimantan Selatan terdapat dua pasar terapung. Pertama Pasar Terapung di Muara Kuin Kota Banjarmasin yang nyaris berusia 5 (lima) abad dan merupakan pasar terapung tertua di Indonesia. Dan yang kedua Pasar Terapung di Siring Kota Banjarmasin dan yang ketiga adalah Pasar Terapung Lok Baintan yang berlokasi di Kabupaten Banjar.

Pasar Terapung Muara Kuin

Gambar oleh Muhammad Haridi dari Pixabay
Pasar Terapung Muara Kuin merupakan salah satu ikon distinasi wisata andalan yang dimiliki oleh Provinsi Kalimantan Selatan saat ini sudah terkenal sampai ke manca negara.

Saat ini pemerintah setempat berusaha untuk melestarikan pasar terapung ini agar tidak hilang. Karena kondisi pedagang yang berjualan di pasar terapung muara kuin ini semakin berkurang.

kondisi ini disebabkan para pedagang yang ada sana merubah dagangannya yang awalnya berada di atas air dengan menggunakan perahu kecil atau jukung naik ke daratan untuk menjual dagangannya.

Jika Anda ingin menikmati pasar terapung yang ada di Muara Kuin, Anda harus siap-siap bangun pagi-pagi sekitar pukul 04.50 WIB untuk menuju ke lokasi wisata ini dengan menggunakan transportasi darat untuk menuju ke dermaganya dan menggunakan transportasi air untuk menjelajahi pasar terapung.

Di pasar ini kita disajikan pemandangan perdagangan yang tradisional. para pedangan yang didominasi ibu-ibu dengan jukung (sampan) kecil saling berdempetan untuk menjajakan dagangan mereka.

Di pasar ini tidak hanya hasil kebun yang diperjualbelikan, ada bermacam-macam yang diperdagangkan di pasar ini misalnya alat perabotan dapur, alat pertanian, pakaian serta makanan juga tersedia di pasar ini.

Kita bisa menyewa jasa transportasi sungai untuk mengelilingi dan berbaur dengan para pedagang. Selain itu juga kita akan dibawa ke tempat wisata lainnya sesuai keinginan kita. Untuk harga lumayan murah.

Pasar Terapung Siring Banjarmasin

Menikmati Keindahan Pasar Terapung (Muara Kuin, Siring Banjarmasin & Lok Baintan) di Kalimantan Selatan
Gambar oleh Takdir Ali Syahbana dari Pixabay
Saat ini ada juga pasar terapung yang dibuat oleh pemerintah setempat yang terletak di jalan Jalan Piere Tendean Sungai Martapura, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

Di tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Banjarmasin ataupun wisatawan yang sedang berkunjung ke Banjarmasin. 


Ada satu perbedaan dengan pasar terapung di muara kuin. Di pasar terapung siring Banjarmasin ini kita bisa mendatang menara pandangnya dan ada alat transportasi yaitu klotok hanya dengan 10 ribu rupiah kita bisa menyusuri sungai Martapura di Banjarmasin.

Tempat wisata ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yang berwisata bersama keluarga. Sangat direkomendasikan juga yang suka berolahraga sepeti jalan santai baik pagi, sore hingga malam hari selalu ada yang berolahraga di sekitaran siring ini.

Pasar Terapung Lok Baintan

Menikmati Keindahan Pasar Terapung (Muara Kuin, Siring Banjarmasin & Lok Baintan) di Kalimantan Selatan
Gambar oleh Marjolein van Zonneveld dari Pixabay 
Pasar ini berlokasi di Desa Sungai Pinang Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Secara umum pasar terapung ini tidak jauh berbeda dengan pasar yang ada Muara Kuin. Yang sedikit membedakan hanya komoditi yang diperdagangkan yang lebih banyak menjual hasil kebun dan hasil tani.

Untuk Wisata Pasar Terapung Lok Baintan ini kita sudah berangkat pukul 05.00 Wita agar tidak kesiangan dan keadaan pasar terapung tersebut masih ramai.

Di Pasar ini kita disuguhkan suasana pemandangan pagi yang indah dengan kegiatan masyarakatnya sedang melakukan perniagaan serta kehidupan masyarakat di tepi sungai dan memberikan senyum ramah kepada para wisatawan.

Silakan untuk berkunjung ke pasar terapung yang ada di Kalimantan yang kalah uniknya dengan pasar yang ada di negara lain. Dan yang terpenting adalah kita bisa melestarikan budaya kita agar tidak hilang dan tergerus dimakan zaman.

Demikian semoga bermanfaat.


Baca Juga

LihatTutupKomentar