Cara Sederhana Mencegah Keseringan Bermain Gadget

Ketika kita berpikir bahwa salah satu dari anggota keluarga kita pandai dalam mengoperasikan gadget kita merasa bangga dan senang. Nah dari sekarang jauhkanlah pikiran-pikiran itu agar terhindar dari dampak negatif gadget. 

Zaman sekarang kita sangat dimudahkan dengan  adanya gadget. Dengan gadget kita bisa apa saja dengan hanya menggerakkan jari kita di layar gadget. Ya memang begitulah zaman sekarang tidak bisa dipisahkan dengan namanya gadget.

Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi canggih sekarang juga harus dibarengi dengan kesadaran bahwa kita harus bijak dalam menggunakannya, terlebih yang berkaitan dengan anggota keluarga kita.

Berikut ini kita akan membahas tentang ciri-ciri, dampak dan cara mencegah dari keseringan bermain gadget.

Cara Mencegah Keseringan Bermain Gadget

Cara Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak

Keseringan menggunakan atau bermain gadget bisa dikatakan kepada orang yang suka menghabiskan waktu yang lama dengan handphone, tablet, komputer. Biasanya yang waktu yang dihabiskannya bersosial media dan bermain game.

Seseorang yang sudah keseringan bermain dengan gadget, dia akan merasa ketakutan dan gelisah jika jauh dari gadgetnya. Nah ini salah satu ciri dari apa yang dinamakan dengan keseringan bermain dengan gadget.

Jika tidak dicegah dan diberikan edukasi yang baik maka akibatnya keseringan gadget terhadap seseorang tidak bisa dihindari dan perlu waktu untuk mengobatinya.

Dampak yang kurang baik pada jangka pendek juga jika seseorang sekarang lebih suka bermain dengan gadgetnya daripada keluar bersama teman-teman atau saudaranya. 

Jika hal tersebut masih berlanjut maka tidak baik untuk perkembangan seseorang baik perkembangan psikisnya maupun motoriknya. Orang itu akan kurang bersosialisasi dengan teman dan keluarganya serta kurangnya gerakan dalam kesehariannya yang mengakibatkan mudah terserang sakit.

Lalu bagaimana cara atau solusi agar menghindarkan seseorang dari keseringan bermain dengan gadget. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan kepada seseorang agar terhindar dari keseringan bermain dengan gadget.

  1. Biasakan membatasi waktu penggunaan gadget, misalnya hanya dibatasi bisa menggunakan gadget pada sore hari saja.
  2. Biasakan untuk tidak menggunakan gadget dihadapannya kecuali memang tidak bisa dan darurat misalnya perlu cepat mengangkat panggilan telepon.
  3. Berikan waktu bermain kepadanya agar menjauhkan pikirannya untuk meminta diberikan gadget. 
  4. Ganti waktu penggunaan gadget dengan kegiatan yang lain, misalnya jalan-jalan, membacakan buku, bersepeda dan lain sebagainya agar banyak bergerak.
  5. Tentukan waktu dan tempat yang diperbolehkan untuk menggunakan gadget agar misalnya tempat yang tidak boleh menggunakan gadget di ruang makan, ruang tamu dan ruang keluarga.
  6. Hindari bincang-bincang tentang gadget dihadapannya agar menghindarkan berpikir tentang gadget.

Demikian tips singkat tentang menghindari keseringan bermain gadget. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita khususnya menghindari keseringan menggunakan gadget untuk kegiatan yang kurang  bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga
Reactions