10 Macam Adab Tata Krama yang Perlu Diajarkan di Dalam Keluarga

10 Macam Adab Tata Krama yang Perlu Diajarkan di Dalam KeluargaTata krama atau adab adalah perkataan, perbuatan atau tindakan yang tidak melanggar norma hukum, adat budaya dan agama. Seseorang bisa dinilai prilakunya apakah  baik atau buruk dengan cara memperhatikan tata krama atau adab perkataan, perbuatan dan gerak-geriknya terhadap orang lain.

Orang akan jika Kita memiliki tata krama yang baik. Misalnya lemah lembut tutur katanya, sikapnya kepada yang lebih tua juga baik. Tetapi orang pasti tidak akan suka dengan seseorang yang memiliki tata krama yang tidak baik.

Tata krama harusnya dimiliki oleh setiap orang bukan hanya sekedar teori yang tertulis di buku tetapi harus dipraktekkan di dalam kehidupan sehari-hari. Memang secara teori tata krama itu mudah tetapi untuk dipraktekkan susah dan perlu waktu panjang untuk menjadi kebiasaan.

Berikut ini ada 10 macam tata krama yang positif untuk diajarkan kepada anak-anak kita di rumah. Dan bagus juga bagi yang berprofesi sebagai guru untuk menanamkan nilai-nilai ini kepada peserta didiknya di kelas.

1. Ajarkan senyum, sapa dan salam
Ada istilah 3 S yaitu senyum sapa salam. Ajarkan kepada anak agar tiga hal ini jika bertemu dengan orang lain. Baik kepada keluarganya, temannya maupun tetangga. Jika hal ini dibiasakan akan menjadi kebiasaan yang baik.

2. Ajarkan berkata tolong
Ajarkan kepada anak agar setiap meminta bantuan kepada orang lain harus didahului dengan kalimat minta tolong. Ini bertujuan untuk mengajar anak untuk menghormati orang yang dimintai pertolongan. Dan kelak anak tersebut memiliki kebiasaan bertatakrama yang baik kepada setiap orang.

3. Ajarkan kalimat terima kasih
Kalimat ini juga diajarkan kepada anak ketika selesai meminta bantuan kepada orang lain dan ketika menerima suatu pemberian. Ajarkan kalimat terima kasih ini kepada anak agar setiap mendapat bantuan dan pemberian dari orang lain dan dengan ucapan itu anak sudah memberikan sikap hormat kepada orang lain.

4. Ajarkan untuk berkata minta maaf
Setiap anak itu memiliki ego yang tinggi. Untuk menurunkan rasa ego tersebut perlu latihan, bimbingan serta contoh dari orang terdekatnya. Salah satu untuk menurunkan rasa ego tersebut dengan membiasakan anak untuk berkata minta maaf jika melakukan suatu kekeliruan atau kesalahan. Dengan menumbuhkan kebiasaan ini maka anak diajarkan bagaimana cara bertata krama dengan orang lain.

5. Tidak menyela pembicaraan orang
Ketika saat berada di tengah-tengah orang dewasa ajarkan kepada untuk menghormati orang dewasa dengan cara tidak menyela pembicaraan orang lain. Setiap orang pasti tidak suka jika pembicaraannya disela oleh orang lain karena menyela pembicaraan orang adalah perilaku yang mengganggu orang lain.

Demikian tulisan tentang 10 macam adab tata krama yang perlu diajarkan di dalam keluarga. sederhana ini. Semoga dengan membaca tulisan ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi anda. Dan semoga apa yang kita bangun dan kerjakan terealisasi sesuai dengan keinginan dan harapan kita.

Silakan untuk dishare tulisan ini kepada teman-teman jika tulisan ini bermanfaat. Terima kasih.

LihatTutupKomentar