Selain Harga yang Miring, Inilah Keuntungan Memiliki Rumah Minimalis

Selain Harga yang Miring, Inilah Keuntungan Memiliki Rumah Minimalis
Selain Harga yang Miring, Inilah Keuntungan Memiliki Rumah Minimalis

Ingin tahu apa saja keuntungan bagi Anda yang sudah memiliki atau berkeinginan memiliki rumah minimalis? Atau Anda merupakan pasangan muda yang baru saja berkeluarga dan berencana ingin memiliki hunian tipe minimalis? Mari sama-sama sejenak kita luangkan waktu apa saja keuntungan memiliki rumah minimalis.

Kebutuhan primer manusia itu ada tiga macam, yaitu sandang, papan dan pangan. Dari ketiga kebutuhan primer manusia kebutuhan papan. Yang dimaksud papan dalam kebutuhan primer adalah tempat tinggal atau rumah. Rumah merupakan kebutuhan yang sedikit sulit untuk didapatkan. Biasanya dengan alasan biaya membangun atau membelinya yang mahal.

Ciri-ciri Rumah Minimalis

Sebelum membahas tentang apa saja keuntungan yang kita dapatkan dari rumah yang memiliki tipe minimalis ini. Alangkah baik kita ketahui dulu ciri-ciri rumah minimalis. Cirinya adalah:

1. Sederhana

Sesuai dengan namanya yaitu rumah minimalis. ciri dari rumah ini adalah tata ruang yang sederhana, perpaduan warna yang kurang dan didominasi warna yang polos serta menonjolkan efesiensi ruang dan tempat.

2. Geometris

Rumah minimalis didesain dengan bentuk yang tegas atau kaku. Jika dilihat secara langsung bentuk dari rumah ini seperti balok atau kubus. Kemudian tidak ada tambahan seperti hiasan atau lekukan yang biasa menghiasi eksterior rumah.

Baca Juga

3. Sekat Ruang yang Minim

Konsep dari rumah minimalis ini adalah mengefisiensikan ruangan maka sekat atau pembatas antar rumah diminimalisir. Dengan begitu ruangan rumah yang minimalis akan terlihat lebih luas dan lega.

4. Furnitur Minimalis

Furnitur yang dipakai untuk rumah minimalis lebih menonjolkan sisi fungsinya. Karena furnitur yang minimalis ini menunjang konsep yang dipakai. Furnitur yang biasanya sering dipakai di rumah minimalis adalah rak, meja, dan sofa.

5. Warna

Rumah minimalis selalu menggunakan warna yang netral seperti warna putih atau abu-abu. Dua warna ini dipakai karena memberikan kesan bersih dan lembut dipandang serta menambah kekhasan dalam sebuah rumah minimalis.

6. Taman Minimalis

Setiap rumah akan terasa kurang jika tidak memiliki sebuah taman. Walaupun rumah minimalis ini memberikan konsep berupa efisiensi ruang tetapi untuk taman tidak boleh ketinggalan. Taman yang dibuat hanya berupa taman yang minimalis. Tanaman yang ditanam pun berupa tanaman yang kecil yang bisa membuat suasana menjadi segar.

Keuntungan Memiliki Rumah Minimalis

Apa saja keuntungan yang kita dapatkan dari rumah minimalis ini. Ada beberapa yang keuntungan yang kita peroleh yaitu:

1. Perawatan

Karena rumah ini dibuat dengan konsep minimalis maka otomatis untuk perawatan dan membersihkannya juga tidak membuat tenaga yang banyak dan gampang dibersihkan serta menghemat waktu untuk mengurusnya.

2. Mengurangi pengeluaran

Rumah minimalis memberikan kita untuk tidak menghabiskan uang hanya untuk membangun sebuah tempat tinggal akan tetapi rumah minimalis memberikan kita opsi untuk menyisihkan uang yang tersisa untuk diputar lagi sebagai investasi.

3. Bentuk yang unik

Dengan konsep yang minimalis maka rumah yang dibangun akan terlihat berbeda secara umum dan unik. Kemudian kita lebih mudah untuk mendekorasi rumah sesuai dengan keinginan kita.

4. Investasi

Dengan memiliki rumah minimalis kita secara tidak langsung mendapat keuntungan yaitu berinvestasi dengan bentuk rumah. Rumah minimalis karena harga yang terjangkau maka lebih mudah dijual.

5. Hangat

Rumah minimalis ternyata memberikan kehangatan untuk penghuninya. Ini dikarenakan warna cat yang netral dan lembut serta cahaya yang terang membuat rumah menjadi lebih nyaman. Dan tidak kalah pentingnya adalah menciptakan suasana kehangatan dalam keluarga karena ruang yang tidak luas serta sekat yang minim. 

Tips Memilih Rumah Minimalis

Untuk Anda yang ingin memiliki hunian yang berkonsep minimalis, bisa mengikuti tips yang kami berikan ini

1. Desain yang menarik

Silakan untuk memilih rumah minimalis sesuai dengan desain yang diinginkan tetapi sederhana, simpel dan menarik merupakan hal yang perlu diperhatikan.

2. Lokasi yang strategis

Lokasi yang strategis merupakan hal penting karena dengan lokasi yang strategis kita akan dimudahkan untuk beraktivitas seperti pulang pergi, akses transportasi, akses kesehatan dan perdagangan.

3. Lingkungan yang kondusif

Lingkungan kondusif juga perlu diperhatikan karena menyangkut keamanan diri kita maupun rumah yang suatu ketika kita sedang dalam bepergian.

4. Fasilitas lengkap

Fasilitas yang perlu diperhatikan adalah fasillitas menunjang kemudahan kita dalam beraktivitas seperti listrik, sambungan internet, PDAM, sekuriti dan fasiltas vital lainnya.

5. Harga terjangkau

Yang terakhir adalah harga yang terjangkau. Memang membeli rumah tidak seperti membeli barang yang lain. Rumah rumah dengan fasiltas lengkap memang incaran setiap orang yang ingin memiliki hunian.

Demikian semoga bermanfaat. Terima Kasih.

LihatTutupKomentar