16 Cara Menyiapkan Diri Menghadapi Ulangan Semester

Cara Menyiapkan Diri Menghadapi Ulangan Semester
Cara Menyiapkan Diri Menghadapi Ulangan Semester

Tidak terasa sebentar lagikan kita akan menghadapi ujian atau ulangan semester baik semester pertama maupun semester kedua. Saat menjelang ulangan seperti ini bisa dipastikan akan disibukkan dengan mempersiapkan diri untuk menghadapi ulangan semester.

Bukan saja dari kita sebagai pelajar tetapi juga orang tua akan memikirkan bagaimana kita bisa menyelesaikan ulangan dan memperoleh hasil yang membanggakan.

Lalu bagaimana cara kita menghadapi ulangan semester yang sebentar lagi datang menemui kita? Apakah kita akan lebih giat lagi belajar atau kita hanya santai-santai saja tanpa ada persiapan? Atau kita hanya berpikir "masa bodoh" dengan ulangan nanti akhirnya naik kelas juga.

Nah dari sekarang luangkanlah untuk berpikir dan tanyakan dalam diri sendiri agar kita terhindar dari rasa malas dalam belajar dan menjauhkan pikiran-pikiran yang membawa kita agar tidak usah belajar. 

Pertanyaan untuk diri kita sendiri adalah sebagai berikut:
  • Untuk siapa saya belajar?
  • Jika saya pandai yang bangga siapa saja?
  • Apakah saya bisa bersaing untuk meraih masa depan yang lebih baik jika malas belajar?
Dengan tiga pertanyaan di atas mungkin ada sedikit secercah rasa ingin lebih giat lagi untuk belajar!

Untuk menyiapkan diri agar mampu menyelesaikan ulangan semester, di sini kami ingin membagikan tips atau cara menyiapkan diri menghadapi ulangan. Baik ulangan seperti
  • Ulangan harian
  • Ulangan tengah semester
  • Ulangan praktik
  • Ulangan semester ganjil
  • Ulangan semester genap
  • Ulangan/ujian sekolah atau ujian nasional
Berikut cara menyiapkan diri menghadapi ulangan semester

1.Buatlah suasana nyaman untuk belajar

Setiap orang berbeda-beda yang dilakukan agar pada saat belajar merasa nyaman. Ada yang merasa nyaman belajar ditempat yang tenang dan sepi, ada yang sambil mendengarkan musik, ada juga yang belajar sambil ngemil. Begitu juga dengan tempat belajar, masing-masing orang memiliki tempat belajar yang nyaman misalnya di dalam kamar, teras rumah, ruang keluarga, perpustakaan dan lain-lain. Jadi silakan ciptakan dan carilah suasana yang nyaman untuk belajar.

2. Pilihlah waktu yang tepat dalam belajar.

Sama seperti cara nomor satu di atas pilihlah waktu yang sesuai dan tepat untuk belajar. Kebiasaan kita belajar pada malam hari dari pukul delapan malam sampai menjelang tengah malam. Tapi ada sebagian orang yang belajarnya pada ketika dini hari. Sesuaikanlah waktu kita agar belajar kita lebih berkualitas dan cepat memahami semua materi pelajaran.

3. Pahami materi dengan hanya dipahami atau dihapal

Setiap mata pelajaran berbeda-beda cara belajarnya ada yang lebih banyak menghapal dari memahami, ada juga lebih banyak memahami daripada menghapal dan ada juga perlu menghapal dan perlu dipahami. Yang terpenting adalah gunakan waktu yang masih cukup lama ini untuk menyiapkan diri agar mampu menyelesaikan ulangan.

4. Perbanyak untuk membaca buku

Ada peribahasa yang berbunyi "buku adalah jendela dunia". Dengan membaca buku kita dapat mengetahui seluk beluk dunia tanpa menjelajahinya. Biasakanlah untuk membaca buku-buku walaupun awalnya cuma beberapa menit tapi akhirnya menjadi terbiasa membaca dan secara otomatis kita terbiasa membaca buku dengan waktu yang cukup lama.

5. Jangan belajar ketika menjelang ulangan

Hindarilah hal semacam ini karena belajar seperti ini kurang efektif untuk kita. Karena kita tidak akan mampu menguasai materi baik menghapal atau memahaminya dengan waktu yang sangat terbatas. Dan sering terjadi, kebiasaan kita dalam belajar menggunakan teknik SKS (Sistem Kebut Semalam). Dengan membiasakan belajar dengan teratur akan menghindarkan kita dari belajar dengan sistem SKS.

6. Buat catatan singkat tentang materi 

Buatlah catatan singkat dengan mencatat intisari dari materi yang dipelajari. Catatan yang dibuat sebaiknya ditulis dengan rapi dan mudah dibaca agar kita mudah memahaminya dan menjauhkan diri untuk malas membaca catatan kita sendiri.

7. Kerjakan soal-soal latihan sambil menyesuaikan waktu.

Untuk mengasah kemampuan kita untuk mahir dalam menjawab soal kemudian bisa menyesuaikan waktu pada saat ulangan dengan sering-sering melatih diri kita dengan mejawab soal-soal. Soal-soal yang dikerjakan bisa menggunakan soal-soal di LKS, buku teks, soal-soal yang sudah dikerjakan, atau soal-soal di internet.

8. Bertanya kepada guru atau teman 

Jangan sampai membentuk pola pikir dengan malu untuk bertanya tentang materi pelajaran yang belum dipahami, kita bisa bertanya kepada guru atau teman-teman kita yang sudah paham. Dengan bantuan teknologi canggih seperti zaman sekarang kita bisa bertanya secara tidak langsung kepada guru atau teman yang karena jarak lumayan jauh. Tetapi perlu diingat untuk melihat waktu yang tidak mengganggu guru atau teman.


9. Pelajari soal-soal yang telah diberikan guru

Pelajari juga soal-soal yang sudah dipelajari guru pada saat belajar di kelas karena kadang-kadang soal-soal diberikan di kelas muncul pada saat ulangan. Setiap perumusan dan menyusunan soal para guru-guru membuat soal harus dengan mengikuti kaidah-kaidahnya. Jadi sering-seringlah untuk mempelajari soal-soal.
 

10. Bentuklah  kelompok untuk belajar bersama

Sambil mencari hiburan dengan teman belajar kelompok bisa menjadi salah satu bentuk hiburan. Dengan belajar kelompok kita bisa mendapatkan bagaimana cara menjawab soal atau mengetahui trik menjawab soal dengan mudah.

11. Pahami kata kunci dalam memahami materi.

Ketika kita sedang belajar dan menemukan hal-hal yang penting maka berilah tanda agar kita ingat bahwa tanda tersebut merupakan kata kunci. Setelah kita beri tanda maka selanjutnya kita pahami kata kunci tersebut dalam memahami materi dengan bahasa sendiri.

12. Unggah/Upload materi pelajaran di media sosial

Merupakan trik baru untuk yang suka berselancar di dunia maya. Dengan mengupload materi yang sudah dipelajari kita dimudahkan untuk belajar pada saat kita tidak membawa catatan atau buku.

13. Persiapkan fisik dan mental

Ini harus selalu diperhatikan agar ketika menjelang ulangan semester apalagi menjelang ulangan atau ujian sekolah/nasional. Kita harus persiapkan fisik dan mental agar pada saat ulangan harian, ulangan praktik, uts, ulangan/ujian sekolah atau nasional.

14. Istirahat yang cukup

Bagilah waktu kita untuk belajar dan istirahat. Dengan membagi waktu kita menyiapkan diri kita untuk menjaga tubuh kita agar tetap prima untuk menjawab soal-soal yang disajikan pada ulangan semester. Jadi bagilah waktu sebagian untuk belajar, bekerja dan istirahat.

15. Jaga kesehatan

Ini tidak kalah pentingnya untuk kita dalam menyiapkan diri menghadapi ulangan semester caranya adalah dengan mengkonsumi makanan sehat dan bergizi serta olahraga yang teratur. Dengan demikian selain menjaga kesehatan kita juga mempersiapkan diri kita untuk menghadapi ulangan semester.

16. Senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Yang terakhir adalah selalu berdoa. Tidak ada satupun pekerjaan yang berhasil kecuali karena pertolongan dari Tuhan Yang Maha Esa. 

Demikian semoga saja artikel yang sederhana ini bermanfaat untuk kita semua yang saat ini ingin meningkatkan kemampuan dan prestasinya di bidang akademik. Dan semoga nantinya mampu menyelesaikan ulangan semesternya dengan hasil yang sangat memuaskan. Terima kasih.

LihatTutupKomentar