Lakukan Cara Ini Agar Cepat Membaca Tanpa Mengeja

Lakukan Cara Ini Agar Anak Cepat Membaca Tanpa mengeja
Lakukan Cara Ini Agar Cepat Membaca Tanpa Mengeja

Orangtua merupakan sekolah dan guru pertama bagi anggota keluarganya. Dan orangtua selalu ingin menjadikan anggota keluarganya tumbuh sehat, cerdas dan pintar. Oleh karena itu kita sebagai orangtua pastinya akan bersusah payah agar tujuannya tercapai.

Dalam perjalanan mengasuh dan mendidik anggota keluarganya, ada satu tahapan yang harus dilalui oleh anggota keluarga tersebut yaitu belajar membaca. Ya, membaca merupakan salah satu kompetensi atau keterampilan berbahasa yang harus dikuasai.

Pada fase ini kadang-kadang kita heran, kenapa salah satu anggota keluarga kita sukar sekali untuk belajar membaca jika dibandingkan dengan teman-teman sebayannya.

Lakukan Cara Ini Agar Cepat Membaca Tanpa Mengeja


Dari rasa heran tersebut bisa jadi kita mengajarkan anggota keluarga kita tidak sesuai dengan metode atau bagaimana cara mengajarkannya supaya cepat membaca.

Dulu kita diajarkan membaca dengan mengenal huruf dan mengeja. Dan ternyata cara itu keliru dan membutuhkan waktu lama untuknya agar pandai, lancar dan mahir membaca.

Berikut ini kami rangkumkan materi untuk ayah dan bunda yang saat ini mengajarkan salah satu anggota keluarganya membaca. Mari perhatikan baik-baik!

Mengenal Huruf

Tahap pertama ini adalah pengenalan terhadap huruf mulai dari huruf A sampai dengan Z. Tahap pertama ini haruslah berhasil dilaksanakan oleh ayah dan bunda. Karena secara logika saja bagaimana orang bisa membaca hurufnya saja tidak dikenal.

Tahap ini kita perlu trik dan perhatian yang khusus agar anggota keluarga kita merasa senang dalam belajar mengenal huruf. Jika perlu buatlah kegiatan bermain tapi sambil belajar. Dengan cara seperti itu ia tidak merasa bahwa dia senang belajar.

Buatlah kegiatan mengenal huruf ini dengan kegiatan yang menyenangkan agar dia tidak cepat bosan dalam belajar mengenal huruf.

Kita bisa mengenalkannya dengan:
  1. Mengenal huruf sambil mewarnai.
  2. Mengenal huruf sambil bernyanyi.
  3. Mengenal huruf dengan bermain peran jadi guru dan kita sebagai orangtua menjadi muridnya.
  4. Menempelkan huruf-huruf di tempat yang mudah terlihat misalnya di ruang belajar, ruang bermain, tempat tidur dan lain-lain.
  5. Menempelkan huruf pada benda yang sering digunakan misalnya mainan, alat makan, alat tulis dan lain sebagainya.

Dalam tahapan ini perbanyaklah dengan menggunakan visual agar dia kita sering melihat dan tidak secara langsung dia mengenal dan ingat huruf yang dilihatnya.

Dan jangan lupa agar mengevaluasi atau mengetahui kita apakah sudah kenal atau belum huruf yang diajarkan dengan menanyakannya sambil menunjuk huruf yang ingin ditanyakan. 

Jika anggota keluarga sudah mampu untuk menyebutkan huruf yang kita tanyakan maka berilah pujian agar dia semakin termotivasi.

Ajarkan Berlatih dengan Suku Kata

Lakukan Cara Ini Agar Anak Cepat Membaca Tanpa Mengeja
Tahap kedua ini merupakan tahap awal untuk merangkai kata. Trik atau metode ini sudah banyak digunakan oleh guru-guru yang sedang memberikan les privat kepada anggota keluarga yang sedang belajar membaca.

Caranya adalah dengan mengajaknya untuk mengenal dua huruf yang berdampingan. Huruf pertama harus huruf konsunan dan huruf kedua merupakan huruf vokal.

Cara melakukannya adalah kita siapkan dulu kartu huruf bisa membeli atau kita buat sendiri. satu kartu berisi dua huruf berdampingan konsonan dan vokal atau dari segi bahasa disebut dengan suku kata.

Jika sudah siap untuk belajar maka perlihatkan kartu tersebut sambil kita mengucapkan suku kata tersebut. Misalnya 

BA – BI – BU - BO – BE
DA – DI – DU – DO – DE
CA – CI – CU- CO – CE

Latihlah dia dengan pola seperti di atas. Tapi perlu diperhatikan bahwa jangan sampai kita menjadi bosan akhirnya dia tidak mau belajar membaca.

Dan tidak perlu dalam sehari harus banyak belajar merangkai huruf menjadi suku kata. Cukup semampunya saja dulu yang terpenting dia mau merangkai atau menyusun huruf menjadi suku kata.

Jika dia sudah tidak merasa kesulitan dalam merangkai dan melapalkan suku kata yang diberikan maka ayah bunda bisa mengganti dengan huruf yang lain.

Dan jika sudah bisa membaca dengan satu suku kata, maka bisa ayah bunda dengan menambah dua suku kata yang bermakna. Misalnya MA – MA, PA – PA, DA – DA, DE – DE, dan lain-lain 

Mengajak  Membaca Suku Kata Bervariasi

Lakukan Cara Ini Agar Anak Cepat Membaca Tanpa Mengeja
Tahap ketiga ini kita bisa menambahkan pada kartu yang kita buat sebelumnya dengan menambahkan variasi suku kata tapi masih dengan kata yang ada artinya dan katanya tidak panjang. Pada tahap awal cukup diajarkan dua suku kata.
Misalnya SA - YA, BU - DI, TA -YO, BA - JU, LA - GU, 

Jika dia sudah mahir dalam merangkai dan membaca dua suku kata tersebut tanpa terbata-bata. Silakan untuk ditambah menjadi tiga suku kata tapi harus kata yang diberikan mempunyai arti.

Fungsinya agar kata yang diberikan tersebut mempunyai arti adalah agar lebih cepat ingat dan merasa senang bahwa dia merasa pandai dalam membaca.

Mengajarinya dengan membaca kata yang sangat sederhana
Tahap ini kita memberikan kepadanya satu kata yang hurufnya adalah vokal-konsonan-vokal yang mempunyai arti misalnya APA, ADA, AJA, AKA, ASA, dan lain-lain. 

Jika dia dirasa sudah pandai dan bisa membaca kata tersebut silakan untuk membuat kata yang lain agar bertambah mahir dalam membaca.

Ajari Membaca Huruf Mati

Lakukan Cara Ini Agar Anak Cepat Membaca Tanpa Mengeja
Untuk tahap selanjut adalah mengajari dia dengan membaca huruf mati atau kata yang huruf akhirnya merupakan huruf konsonan. Perkenalkan dulu huruf konsonan yang sering muncul dan bagaimana cara pengucapannya misalnya huruf K, T, S, R, NG dan NY.

Jika dia sudah mahir dalam mengenal huruf mati dan pengucapannya maka silakan untuk divariasikan dengan huruf lain agar dia bertambah lancar dan mahri membaca.

Melatih untuk Membaca Kata Utuh

Lakukan Cara Ini Agar Anak Cepat Membaca Tanpa Mengeja
Tahap akhir ini adalah melatih dan mengajarkannya untuk membaca kata-kata secara utuh. Dan jika dirasa sudah pandai dan mahir bisa dilakukan dengan memberikannya untuk membaca satu kalimat sederhana misalnya “saya makan nasi, saya tidur, ibu memasak”.

Dan kegiatan dari tahap pertama sampai akhir ini jangan dilakukan dengan memaksa lakukanlah dengan kegiatan yang menyenangkan agar ia tidak mudah bosan dan menolak untuk belajar membaca.

Kita bisa mengajarkannya kita dengan memintanya membaca huruf yang ada di dinding, di layar tv, dan lain-lain.

Kemudian tips tambahan untuk ayah dan bunda agar ia kita cepat mahir dalam membaca adalah
  1. Gunakan media belajar, ingin sangat penting karena media adalah sebagai perantara untuk mempercepat dalam proses belajar.
  2. Ajarilah ia sambil bermain bersama, sudah disinggung di atas bahwa lakukanlah dengan menyenangkan dan jauhkan dari rasa memaksanya untuk belajar. Lakukan dengan cara bermain sambil belajar
  3. Batasi waktunya. Percayalah bahwa psikisnya sangat cepat berubah oleh karena itu batasi waktunya untuk belajar agar mereka tidak bosan dan akhir menolak untuk belajar lagi. 
  4. Sesuaikan dengan moodnya. Ketika ingin mengajarinya lihatlah moodnya jika moodnya tidak bagus maka tunggulah agar ia siap untuk belajar.
  5. Berikan penghargaan yang sepantas dan sesuai atas kerja kerasnya dalam belajar.

Demikian semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin

Reactions