Resensi Pengertian Unsur, Jenis, Tujuan, Manfaat dan Fungsinya

Resensi Pengertian Unsur, Jenis, Tujuan, Manfaat dan Fungsinya
 Resensi Pengertian Unsur, Jenis, Tujuan, Manfaat dan Fungsinya


Resensi merupakan salah satu materi dari mata pelajaran bahasa Indonesia materi resensi. kali ini merupakan materi untuk kelas 11 semester 2. yang dibahas dalam artikel ini adalah pengertian jenis tujuan dan manfaatnya.


Oke langsung saja kita bahas satu persatu materi tentang resensi kelas 11 mata pelajaran bahasa Indonesia.


1. Pengertian resensi

resensi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku atau pendapat, pertimbangan redaksi tentang hasil kesenian, kesusastraan dan sebagainya.


Resensi yang dikutip dari Wikipedia adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya karya yang dapat dinilai berupa buku, film dan drama.


Dari 2 pendapat tersebut dapat kita simpulkan bahwa resensi adalah suatu cara yang digunakan dalam menilai sebuah karya seseorang dengan cara memberikan pernyataan yang bersifat objektif tentang kelemahan atau keunggulan dari buku, film dan drama.


2. Unsur Resensi 

Dalam meresensi misalnya sebuah buku maka haruslah meresensi buku tersebut secara objektif sesuai dengan kualitas isi buku tersebut sebelum melakukan resensi alangkah baiknya kita harus mengetahui dahulu unsur-unsur atau sistematika yang ada di dalam resensi.


Adapun unsur-unsur (sistematika) dari resensi adalah sebagai berikut:

  1. judul resensi
  2. identitas buku yang diresensi 
  3. pendahuluan (memperkenalkan pengarang tujuan pengarang buku dan lain-lainnya)
  4. inti atau isi resensi
  5. keunggulan buku 
  6. kekurangan buku dan 
  7. penutup


3. Jenis Resensi

ada tiga jenis resensi si berdasarkan isi atau sajiannya

a. resensi informatif 

Resensi informatif yang dibahas atau yang diulas berubah informasi suatu karya biasanya berasal dari jenis informatif ini hanya berisi ringkasan atau rangkuman mengenai isi dari suatu karya tersebut.

b. resensi evaluatif 

Resensi informatif ini adalah membahas secara ringkas tentang penilaian suatu karya. ringkasan atau rangkuman ditulis hanya sekilas dan selebihnya menyampaikan tentang kelemahan dan kelebihan karya tersebut.

c. resensi informatif-evaluatif

Resensi informatif-evaluatif ini merupakan gabungan antara ringkasan karya dan penilaian alamat dan kelebihan. selain memberikan informasi mengenai isi suatu karya resensi informatif evaluatif ini juga disertai dengan evaluasi yang bersifat subjektif dari penulis


Ada juga yang merumuskan jenis resensi seperti di bawah ini:

a. Informatif, resensi yang dibuat dan disusun secara singkat dan umum dari keseluruhan isi sebuah karya misalnya sebuah buku.

b. Deskriptif, yaitu resensi ini membahas secara rinci pada setiap bagian karya tersebut.

c. Kritis, yaitu resensi yang mengkaji dan menganalisis secara detail tentangkarya (buku) dengan menggunakan ilmu pengetahuan tertentu. Isi resensi ini pada umumnya bersifat objektif dan kritis dalam menilai sebuah karya.


4. Tujuan Resensi

a. Mengetahui kelebihan dan kekurangan buku yang diresensi. Dalam hal ini yang membuat dan menyusun resensi harus bersifat objektif.

b. Memberikan suatu gambaran atau deskripsi kepada para pembaca dalam penilaian kualitas yang dinilai umum dari sebuah karya.

c. Memberikan masukan dan saran kepada penulis berupa kritik dan saran terhadap karya tersebut baik dari segi penulisan, isi dan lain sebagainya.

d. Mengetahui latar belakang penulis dan alasan buku tersebut ditulis dan diterbitkan.

e. Menguji kualitas karya dan membandingkan terhadap karya lainnya.


5. Fungsi resensi

a. bagi penulis berfungsi sebagai Umpan balik atau saran tentang buku yang sudah ditulisnya

b. bagi penerbit resensi buku berfungsi untuk memperkenalkan buku-buku yang sudah diterbitkan oleh penerbit

c. bagi penerbit media massa sa resensi buku dimanfaatkan sebagai sarana dalam menguji atau mengembangkan suatu topik atau masalah.


Reactions

Post a Comment

0 Comments