Cara Menyusun Teks Eksplanasi Sesuai dengan Strukturnya

 
Menyusun Teks Eksplanasi Sesuai dengan Strukturnya
Cara Menyusun Teks Eksplanasi Sesuai dengan Strukturnya

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat berjumpa di blog kami yang sederhana ini. Kami ucapkan terima kasih sudah mampir karena anda sedang mencari materi atau sedang membaca materi tentang teks eksplanasi.


Materi ini merupakan materi yang diajarkan kepada siswa kelas XI SMA sederajat semester ganjil setelah materi tentang teks prosedur.


Mari kita bahas bagaimana cara menyusun teks eksplanasi sesuai dengan strukturnya. Sebelum itu perlu kita ketahui apa yang disebut dengan teks eksplanasi.


Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan suatu peristiwa atau fenomena alam maupun fenomena sosial yang dijelaskan secara detail dan bersifat fakta dan mengandung unsur keilmuan atau sains. Fenomena alam misalnya terjadinya hujan, terjadinya peristiwa badai, terjadinya peristiwa longsor dan lain sebagainya. 


Sedangkan fenomena sosial misalnya bertambahnya jumlah penduduk di suatu wilayah, melonjaknya angka pengangguran, angka kemiskinan yang menurun di suatu negara. 


Struktur Teks Eksplanasi

Kemudian kita akan membahas tentang menyusun teks eksplanasi sesuai dengan strukturnya. Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam menulis atau menyusun teks eksplanasi. Mari kita simak 3 hal tersebut.

1. gambaran umum

gambaran umum adalah pendahuluan dalam sebuah teks eksplanasi. Gambaran umum ini hanya menjelaskan sedikit dan secara garis besarnya saja dan kemudian dijelaskan pada kalimat atau paragraf selanjutnya.


2. deretan penjelas

pada bagian ini deretan penjelas berfungsi sebagai penjelas dari gambaran umum. Bagian ini membahas secara detail tentang peristiwa alam maupun peristiwa sosial.


3. interpretasi atau penutup.

kemudian bagian akhir dari teks eksplanasi di akhiri dengan kesimpulan atau dapat juga pandangan penulis terhadap sebuah fenomena alam maupun fenomena sosial yang sedang dia bahas.


catatan:

Teks eksplanasi harus bersifat dan mengandung ilmu pengetahuan.

Teks eksplanasi harus faktual atau bersifat fakta.


Nah demikian materi kali yang dapat kami sampaikan dan kami akhiri dengan ucapan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. terima kasih


Lihat Juga

Reactions

Post a Comment

0 Comments