Materi Bahasa Indonesia Mengungkapkan Opini dalam Bentuk kalimat yang Benar

Materi Bahasa Indonesia Mengungkapkan Opini dalam Bentuk kalimat yang Benar
 Materi Bahasa Indonesia Mengungkapkan Opini dalam Bentuk kalimat yang Benar

Mengungkapkan Opini dalam Bentuk kalimat yang Benar. Kita pernah berbicara dengan seseorang atau dengan orang banyak. Dalam pembicaraan itu kita pernah mengutarakan pendapat kita. dalam mengungkapkan pendapat dapat diungkapkan secara lisan mapun dengan tulisan. 

Dalam materi ini kita belajar mengungkapkan opini kita dalam bentuk artikel. Karena berbentuk artikel maka pendapat kita tersebut berupa tulisan. Nah, untuk memudahkan memahami materi pada hari ini ada beberapa yang harus kita perhatikan di antaranya adalah struktur artikel opini, argumentasi dan bahasa yang digunakan.


1. Struktur Artikel Opini

Ketika kita membaca sebuah artikel opini, artikel tersebut diawali dengan penyataan pendapat atau dalam bahasa Inggrisnya adalah thesis statement dan ada juga yang mengatakan topik. 

Kemudian kita mendapatkan argumentasi-argumentasi tentang pendapat atau pandangan kita terhadap artikel yang sedang dibaca. Nah pada bagian itu disebut dengan argumentasi. 

Dan pada bagian akhir kita mendapatkan bagian yang berisi pernyataan ulang yang berfungsi untuk menegaskan kembali pendapat yang dikemukakan agar para pembaca yakin dengan pendapat atau pandangan dalam artikel tersebut.


2. Argumentasi

Ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam artikel opini. Argumentasi yang disampaikan haruslah kuat. Kuat di sini maksudnya adalah pendapat yang kita sampaikan harus didukung dengan data yang aktual dan relevan karena artikel opini biasanya memiliki sifat aktual yang berisi analisi subjektif terhadap suatu hal permasalahan.


Argumentasi harus dibangun secara tersusun dan terstruktur agar pesan dan pendapat yang disampaikan dalam tulisan mudah untuk dipahami dan dicerna oleh pembaca dan di akhir argumentasi kita harus memberikan solusi yang komprehensif (luas dan lengkap).


3. Bahasa yang Digunakan

Bahasa dalam artikel bersifat ilmiah populer. Oleh karena itu pada saat membuat artikel opini gunakanlah bahasa yang mudah dipahami dan bersifat komunikasi serta tidak bertele-tele dalam menjelaskan suatu permasalahan. 


Jika menggunakan istilah asing atau bahasa daerah yang tidak semua orang dapat memahaminya maka buatlah padanan kata dalam bahasa Indonesia.


Nah demikian materi pada kali ini semoga dapat dipahami dan menjadi bekal di masa akan datang. Amin.


Lihat Juga

Reactions

Post a Comment

0 Comments