Beberapa Cara Mengajak Buah Hati untuk Mandi

Beberapa Cara Mengajak Anak untuk Mandi
Beberapa Cara Mengajak Buah Hati untuk Mandi
Buah hati Anda susah diajak untuk mandi? Ya hampir semua buah hati susah untuk diajak ke kamar mandi untuk mandi. Kecuali dengan keinginannya maka kita tidak bersusah payah merayu dan mengajaknya untuk mandi.

Ketika ia sudah beranjak dan berumur sekitar 3,5 tahun, Ia sudah pandai berbicara dan memiliki rasa ego yang tinggi yang membuat orang tua perlu ekstra tenaga dalam mengasuh serta merawatnya.

Merawat buah hati memang ada rasa susah senangnya, senang karena kita diberi titipan oleh Tuhan Yang Maha Esa yang sangat tampan dan cantik. Dan ada rasa susahnya karena kita harus menjaga, merawat dan membimbingnya agar menjadi seorang yang mempunyai budi pekerti yang baik, cerdas, pandai dan berguna bagi agama nusa dan bangsanya.

kembali lagi membahas tentang bagaimana caranya agar ia kita mau diajak untuk mandi. Berikut ini beberapa cara mengajaknya untuk mandi.

1. Jangan dipaksa 

Beberapa Cara Mengajak Anak untuk Mandi

Ketika mengajaknya untuk mandi alangkah baiknya kita menggunakan kata yang santun dan mengajak (persuasif) dan hindari kata-kata memerintah karena setiap orang pasti tidak suka diperintah.

Memang perlu kesabaran untuk mengajaknya untuk mandi. Apalagi ketika mengajaknya mandi pada saat sedang asik bermain atau sedang asik dengan menonton tv perlu kesabaran yang penuh dalam mengajaknya untuk mandi.

Ketika ia menolak diajak untuk mandi maka kita tidak perlu memaksanya diajak untuk mandi. Jelaskan kepadanya bahwa mandi itu merupakan kegiatan yang menyenangkan dan membuat badan bersih serta wangi.

2. Mandi sambil bermain

Beberapa Cara Mengajak Anak untuk Mandi

Cara ini memang sudah banyak dilakukan oleh orang tua agar buah hatinya mau diajak untuk mandi. semua buah hati pasti suka main dan bermain. Agar ia tertarik untuk mandi maka kita bisa menyiapkan mainan untuknya kita seperti bebek karet, balon, wadah air kecil atau mainan favorit lainnya agar ia kita mau mandi.

Dengan bermain ia akan dialihkan perhatiannya dengan mainan dan kita sebagai orang tua dapat leluasa untuk memandikannya tanpa ada paksaan. Tidak hanya itu kita dengan leluasa juga membersihkan rambutnya dengan shampoo yang kadang-kadang ia menjadi rewel.

Setiap buah hati berbeda-beda karakternya tapi ada kesamaannya yait mereka suka bermain. Bermain peran juga bisa dijadikan untuk mengajaknya agar mau mandi. Dengan begitu ia tidak perlu memaksanya kita dengan mandi.

3. Mandi dengan air hangat

Beberapa Cara Mengajak Anak untuk Mandi

Jika alasannya adalah tidak mau mandi karena airnya dingin. Kita perlu mencari solusi agar ia tidak menjadikan air dingin untuk tidak mau mandi. Kita menggunakan air hangat untuk mengajak ia untuk mandi.

Mungkin karena merasa airnya sangat dingin karena baru bangun dari tidur. Maka dari itu alangkah baiknya kita menyiapkan air hangat untuk memandikannya. Perlu diperhatikan bahwa air hangat yang digunakan haruslah yang membuatnya merasa nyaman.

Cara ini sering digunakan untuknya yang sudah memasuki dunia taman bermain, serta awal masuk sekolah dasar. Jadi jika ia susah untuk diajak mandi kita bisa melakukan cara ini agar mereka bersih dan sehat.

4. Mandi bersama

Beberapa Cara Mengajak Anak untuk Mandi

Kegiatan mandi bersama bisa juga dijadikan alternatif bagaimana cara agar ia kita mau diajak untuk mandi di kamar mandi. Dengan mandi bersama kita bisa memperlihatkan kepadanya bahwa mandi itu merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan.

Dengan  mandi bersama tidak hanya memudahkannya untuk diajak ke kamar mandi untuk mandi tetapi bisa menambah keakraban dan meningkatkan kualitas waktu bersama buah hati di rumah. Mandi bersama dengannya tidak mesti dengan ibunya saja tapi dengan ayahnya pun juga bisa jadi bisa saja secara bergantian ayah dan ibu untuk mandi bersama dengannya.

Perlu juga diperhatikan agar ketika mandi bersama dengannya adalah dengan berpakaian yang pantas  agar tidak muncul banyak pertanyaan di dalam kepalanya kita tentang bagian-bagian tubuh yang sensitif.

5. Berikan penghargaan

Beberapa Cara Mengajak Anak untuk Mandi

Jika ia mau diajak mandi dan telah selesai mandi alangkah baiknya kita memberi penghargaan atau hadian kepadanya kita karena mau diajak ke kamar mandi dan mandi sampai bersih.

Penghargaan atau hadiah tidak mesti berbentuk barang. Dengan ucapan yang baik dan menyanjungnya sudah termasuk dengan penghargaan dan hadiah. Dan jika ingin memberikan hadiah berilah hadiah yang sesuai dengan kesukaannya.

Hadiah yang diberikan kepadanya pun tidak mesti berbentuk mainan, kita bisa memberikan hadiah berupa sabun, shampoo, sikat gigi dan lain-lainnya khusus untuknya. Dengan memberikan ini kita tidak secara langsung mengajaknya untuk mandi dengan sabun dan shampoonya. 

6. Berendam

Beberapa Cara Mengajak Anak untuk Mandi

Kegiatan berendam juga satu kegiatan yang disukai oleh mereka. Apalagi pada saat berendam ada mainan yang menemaninya. Jangan heran jika mereka akan berlama-lama di kamar mandi untuk berendam.

Bermain dengan air juga banyak manfaatnya untuk buah hati kita. Manfaat didapat antara lain adalah perkembangan fisik, mengasah kreativitas dan menjadi saran untuk belajar.

Sebelum mengajaknya untuk mandi dengan berendam perlu diberi batasan waktu untuknya agar tidak jangan lama-lama berendam agar ia tidak kedinginan karena terlalu lama berendam.

7. Mandi sambil bernyanyi

Beberapa Cara Mengajak Anak untuk Mandi

Cara yang terakhir adalah mengajaknya sambil bernyanyi dan mandi sambil menyanyikan lagu untuknya. Daripada mengomel yang tidak jelas lebih baik menyanyi dengannya agar bukan kita saja yang terhibur tetapi ia kita juga terhibur dengan nyanyian kita.

Pilihlah lagu yang sudah familiar  dan Anda hapal agar bisa menyanyi bersama-sama. Dengan demikian kegiatan mandi merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan tidak menjadikannya merasa terpaksa dengan mandi.

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita bagaimana cara mengajaknya untuk mandi. Terima kasih.

LihatTutupKomentar