Cara Memilih dan Merawat AC Kamar Tidur

Cara Memilih dan Merawat AC Kamar Tidur
Cara Memilih dan Merawat AC Kamar Tidur

Apakah Anda saat ini sedang memilih AC yang sesuai dengan kamar tidur Anda. Berikut ini kami jelaskan bagaimana cara memilih AC yang sesuai dengan kamar tidur.

Waktu dulu cuma orang-orang yang tergolong mampu yang bisa memiliki Air Conditioner atau yang sering kita dengar yaitu AC. Ya AC merupakan alat canggih yang bisa menjadikan ruangan kita menjadi sejuk dan dingin.

Zaman sekarang di perumahan sudah hampir semuanya memiliki alat pendingin ruangan ini. Jika dulu hanya perkantoran dan pusat perbelanjaan yang wajib ada AC tapi sekarang sampai ruangan belajar saja sudah ada yang menggunakan AC untuk mendinginkan udara.

Cara Memilih dan Merawat AC Kamar Tidur


AC adalah alat yang diciptakan untuk mengatur suhu dan kelembaban udara ruangan. Sesuai dengan kebutuhannya AC juga bukan hanya dapat menyejukan udara tetapi dapat menghangatkan ruangan tergantung fungsi AC yang digunakan.

Sudah sedikit disinggung di atas tadi bahwa fungsi dari air conditioner ini adalah mengatur suhu dan kelembaban udara. Jika udara di ruangan terasa panas maka kita dapat menurunkan suhunya mencapai minus 18 derajat celcius atau karena udara yang dingin kita bisa mengatur untuk menghangatkan ruangan mencapai suhu tertingginya yaitu 30 derajat celcius.

Nah jika Anda sudah memiliki alat pendingin ini ada baiknya untuk membaca artikel ini karena akan berguna untuk memelihara dan bagaimana cara merawat AC kesayangan kita.

Pada tulisan kali ini kita hanya akan membahas cara memilih AC dan merawat yang ditempatkan di kamar tidur. Jadi silakan sejenak untuk membaca tulisan ini.

1. Sesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan tidur

Hal yang pertama yang dilakukan jika Anda ingin membeli AC adalah mengetahui luas ruang tidur Anda. Fungsinya adalah untuk menyesuaikan AC yang digunakan di kamar Anda. 

Jika kamar tidur Anda memiliki luas 0 - 10 meter persegi maka untuk AC yang sesuai dengan kamar Anda adalah AC yang digunakan adalah yang berkekuatan 1/2 PK.

Dan kamar Anda luas ruang atau kamar tidur Anda 11 - 13 meter persegi maka AC yang diperlukan untuk kamar tidur Anda adalah AC berkekuatan 3/4 PK.

Jika ruang tidur Anda lebih luas dari 13 meter persegi maka AC yang Anda butuhkan adalah yang memiliki PK sebesar 1 PK.

2. Pilih jenis AC sesuai kebutuhan

Yang kedua adalah pilihlah AC yang sesuai dengan kebutuhan kita. Pada nomor 1 merupakan salah satu cara memilih AC sesuai kebutuhan kamar tidur Anda.

Untuk kamar tidur AC yang sesuai adalah yang hemat listrik dan AC yang senyap serta tidak berisik. Jika hal ini tidak diperhatikan maka otomatis beban listrik kita akan bertambah dan pengeluaran pun akan menjadi banyak. Kemudian tidurpun kurang nyenyak karena disebabkan oleh suara AC yang berisik.

Jadi silakan untuk memilih AC yang hemat listrik dan tidak berisik pada saat digunakan di kamar tidur Anda.

3. Fitur AC benar-benar Anda butuhkan

Saat ini fitur-fitur AC sudah bisa dibilang lengkap mulai dari mengarahkan hembusan udara sesuai dengan keinginan sampai mode baby.

Jika ingin membeli AC silakan bertanya-tanya dulu dengan penjual atau yang ahli di bidangnya agar kita membeli AC sesuai dengan kebutuhan kita.

4. Sesuaikan dengan budget

Hal ini tidak boleh ketinggalan karena jika salah perhitungan akan mengganggu keuangan di dalam rumah tangga. Jadi sebelum membeli perlu perhitungan agar tidak menjadikan Anda kesulitan dalam hal keuangan.

Banyak sekali merk AC yang ada di pasaran dari harga yang murah sampai harga yang sangat mahal. Oleh karena itu sesuaikanlah budget Anda dan hindari untuk membeli dengan sistem kredit.

Lebih baik membeli AC secara kontan walaupun perlu waktu lama untuk membelinya. Tapi dengan cara ini Anda tidak perlu memikirkan tiap bulan mengeluarkan uang dengan bunganya untuk membayar cicilan pembelian AC.

5. Pastikan garansi AC jelas

Inipun haruslah Anda ketahui apakan AC yang ingin Anda beli tersedia garansi resminya dan pusat servisnya tersedia di kota Anda.

Jika dua hal tersebut tidak ada maka alangkah baiknya Anda urungkan dulu untuk membeli AC tersebut. Ini berfungsi untuk memudahkan anda jika ada terjadi hal yang tidak diinginkan dari AC Anda.

Dan Anda pastinya tidak mau AC kesayangan Anda cepat rusak dan sulit untuk diperbaiki karena garansi yang kurang jelas dan pusat servis jauh dari kota Anda.

Nah itulah bagaimana cara untuk memilih AC untuk kamar tidur Anda, O ya satu lagi yang perlu diperhatikan adalah pilihlah AC yang mudah perawatannya. Dan untuk merawat AC yang ada di kamar tidur kita adalah dengan melakukan servis berkala minimal 3 - 4 bulan sekali.

Demikian semoga bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang memilih AC untuk kamar tidur. Terima Kasih.

Lihat Juga

LihatTutupKomentar