Lagi Malas Belajar? Begini Cara Mengatasinya

Lagi Malas Belajar? Begini Cara Mengatasinya
Lagi Malas Belajar? Begini Cara Mengatasinya

Pernahkah kamu saat ini sedang malas untuk belajar? Ingin belajar tapi baru sebentar buka buku dan membaca sudah merasa sungguh sangat membosankan. Padahal sebentar lagi kamu akan menghadapi ulangan dan ujian yang mengharuskan kamu untuk belajar lebih giat lagi.

Kita yang saat ini merupakan seorang pelajar yang tugas utamanya adalah belajar. Lalu bagaimana ya caranya agar kita tidak bosan untuk belajar? Nah berikut ini pembahasan tentang malas belajar dan bagaimana caranaya bisa menghindari dan mengatasi rasa malas dalam belajar.

Malas menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu. Menurut definisi di atas dapat kita jabarkan bahwa malas adalah suatu keadaan seseorang yang tidak mau bekerja atau melakukan sesuatu.

Jika kamu yang saat ini terkena virus malas belajar, mari ikuti cara ini untuk menghilangkan dan menghindari rasa malas untuk belajar.

1. Jangan menunda

Hal yang pertama untuk kamu adalah jangan sampai menunda untuk memulai belajar. Kebiasaan menunda ini akan menjadi hal yang tidak baik karena waktu akan terbuang sia-sia dan pada akhirnya tidak sempat lagi untuk belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi ulangan atau ujian.

Tidak hanya waktu yang terbuang sia-sia karena malas untuk belajar akan tetapi kamu akan menemui kesulitan dalam memulai lagi proses bagaimana caranya belajar yang baik.

Nah mulai sekarang cobalah untuk belajar dengan durasi yang singkat agar kamu terbiasa dengan suasana belajar. Percayalah bahwa dengan menunda suatu pekerjaan itu akan membuat diri kamu akan terbebani dan menyusahkan diri sendiri.

2. Buat jadwal harian

Hal yang kedua ini kamu perlu membuat jadwal sendiri di rumah untuk belajar. Jika sudah dibuat kemudian tanamkan ke diri sendiri bahwa kamu harus taat dan patuh dengan jadwal tersebut.

Membuat jadwal belajar untuk diri sendiri tidak hanya membantu kamu dalam menghilangkan rasa malas akan tetapi juga membangun jiwa disiplin agar tidak menunda dan bermalas-malasan untuk belajar.

Jadwal yang dibuat haruslah yang membuat belajar kamu lebih efesien dan nyaman. Misalnya jadwal belajar di rumah adalah di waktu malam hari (sekitar pukul 8 sampai dengan pukul 9.30).

3. Tinggalkan gadget untuk sementara

Zaman sekarang ada yang mengatakan lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan hape. Ya saking canggihnya hape sampai ada yang mengatakan seperti itu. Memang ada alasan tertentu bisa mengatakan seperti karena dengan gadget tersebut seseorang bisa menjelajahi dunia maya dan bisa mengkomunikasi dengan seseorang tanpa batasan ruang dan waktu.

Oleh karena itu hal yang ketiga ini adalah tinggalkan dulu gadget atau hape kamu untuk sementara agar proses belajar kamu tidak terganggu. Percayalah bahwa pada saat belajar dan hape kamu ada di samping, Kamu pasti akan ingin melirik dan membuka hape kamu.

Jika hal ini sudah bisa dilakukan kamu boleh mendekatkan hapemu ketika sedang belajar tapi ingat bahwa hape kamu harus mendukungmu untuk belajar misalnya membantu menterjemahkan bahasa asing, mencari soal-soal untuk dijadikan latihan dan lain sebagainya.

4. Motivasi diri

Yang keempat ini adalah memunculkan jiwa pembelajar dari diri kamu. Caranya adalah dengan memotivasi diri untuk belajar. Kamu bisa memotivasi diri kamu agar terhindar dari malas karena
  • lebih pandai
  • membantu dan membahagiakan orangtua
  • prestasi
  • tidak ingin menjadi orang yang gagal
  • ingin menjadi sukses
  • menggapai cita-cita
  • menjadikan kehidupan menjadi lebih baik lagi
  • menuntut ilmu wajib dan perintah
  • karena Tuhan Yang Maha Esa
Dengan memotivasi ini akan muncul suasana dan rasa ingin belajar lebih giat lagi. Ingatlah bahwa yang menjadikan diri berharga dan sukses adalah dirimu sendiri.

5. Tujuan belajar

Setiap melakukan sesuatu pasti ada tujuannya. Misalnya makan tujuannya adalah supaya tidak lapar, minum supaya tidak haus, bekerja supaya mendapatkan penghasilan. Nah begitu juga dengan belajarpun harus ada tujuannya.

Tentukan tujuanmu untuk bisa meningkatkan lagi kemampuan, keterampilan dan prestasi. Bayangkan saja tim sepak bola yang berjumlah 11 orang saja memiliki tujuan yaitu mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan untuk mendapatkan juara. 

Begitu juga dengan kamu yang sedang belajar bahwa tujuan belajar kamu adalah untuk membuat dirimu di masa akan datang menjadi seseorang yang sukses.

6. Beri penghargaan

Yang selanjut yaitu memberi penghargaan kepada diri kamu sendiri yang sudah bersusah payah belajar dan mampu menghasilkan prestasi yang baik dengan hal-hal yang menyenangkan dan kamu sukai dan tentunya juga tidak membuatkan kamu lebih baik lagi.

Banyak yang bisa dilakukan untuk memberikan perhargaan kepada diri sendiri misalnya jalan-jalan, shopping, nonton film, main game dan lain-lain yang bertujuan untuk merelaksasikan atau kata orang zaman sekarang adalah refreshing.

tapin perlu diingat bahwa kegiatan untuk menghargai usaha dan belajar ini jangan sampai berlebihan yang akan membuat diri kamu kembali lagi ke mode malas. Jadi perlu diingat bahwa refreshinglah secukupnya.

7. Percaya dan yakin

yang terakhir adalah percaya dan yakin bahwa apa yang sudah dilakukan dan dikerjakan akan membuahkan hasil yang sesuai dengan apa yang dilakukan. Itu merupakan hal yang sudah tidak mungkin dipungkiri.

Jika kita sudah percaya dan yakin bahwa dengan belajar kita akan menjadi sukses maka kita akan bersungguh-sungguh belajar dan pada akhirnya malas yang ada pada diri pun akan hilang.

Yakinlah bahwa apa yang kamu pelajari hari ini akan menjadikan jembatan menuju kesuksesan dan kebahagiaan 

Demikian bagaimana caranya agar terhindar dari rasa malas untuk belajar. Mulailah untuk belajar sedikit demi sedikit agar kamu akan menjadi orang yang sukses dan bermanfaat untuk kamu sendiri dan orang lain serta yang terpenting adalah untuk bisa membahagiakan kedua orang tua.

LihatTutupKomentar